Search This Blog

Friday, June 3, 2011

Kecewa dengan Layanan PermataNet dari Bank Permata

Aduh rekan-rekan bloggers...

mudah-mudahan hanya saya saja yang punya pengalaman buruk dengan layanan dari Bank Permata.

Dulu Bank ini bernama : Bank Bali.

Saya pernah menjadi nasabah Bank Bali ini dulu sekali ketika pertama kali bekerja dan kemudian accountnya saya tutup karena memang tidak ada keunggulannya. Program Kartu Kreditnya juga tidak banyak (atau tidak ada ?). Intinya tidak ada gunanya, daripada kena biaya admin akhirnya saya tutup.

Nah sekarang saya 'dipaksa' berurusan dengan Bank yang sama, yang sekarang sudah ganti nama menjadi Bank Permata.
Problem sudah mulai dari jumlah Customer Service (CS) yang minim. Saya harus menunggu 1 jam untuk dilayani oleh CS yang cuman satu orang (Bank Permata yang saya datangi adalah yang terdekat dengan lokasi kerja saya di Jalan Jemur Sari).
Gila bener... untuk buka account saja perlu tunggu 1 jam !! ampyun deh... menunggu seorang customer (baca : hanya satu orang customer) yang stuck...
Setelah kelihatan antrean banyak, dibukalah satu lagi counter CS, dan langsung saya masuk kesitu, itupun setelah menunggu 1 jam !.

Masih belum selesai disitu, masalah utama yang ingin saya sharingkan disini adalah yang saya alami ketika saya berusaha registrasi permataNet (layanan Internet Banking dari Bank Permata).
Saya list deh masalah yang anda akan hadapi hanya untuk mengaktifkan layanan Internet Banking ini :
1. Anda harus PUNYA HANDPHONE. Kemudian HARUS GPRS ON. Dan lebih sadis lagi KAGAK BOLEH HANDPHONE CHINA.
Betul-betul diskriminasi... padahal syarat yang berulang-ulang disebutkan oleh CS di 63399 adalah : Blackberry atau Handphone Java.
Lucu kagak tuh mau layanan Internet harus punya Handphone, GPRS On dan tidak boleh Handphone China (punya saya Cross type CB99T).

2. Harus Mondar-mandir, ke ATM, registrasi nomor HP, kirim sms, buka internet, registrasi, download mobile token ke handphone, aktivasi lewat sms, telepon CS 63399 dst...(semacam token ala BCA token, tapi dengan handphone).
CS di kantor cabang berusaha dengan keras dan ramah untuk menjelaskan langkah2nya, tapi jelas terlihat Sosialisasi program baru ini sangat buruk.
Mungkin Bank 'kecil' kali ya, jadi ya tidak ada analisa pasar, percobaan dan training yang memadai sebelum program diluncurkan.

3. Keterangan yang anda dapat dari CS di kantor cabang pasti tidak akurat dan tidak lengkap, dijamin !
Anda pasti akan telepon ke CS pusat di 63399 untuk bertanya.
Saya kasih contoh, ternyata untuk bikin User ID harus minimum 8 Digit !
Ya ampyun... ini programmer geblek... tulis kek di Webpage nya (minimum 8 digit !) begitu...
saya harus telepon 63399 hanya untuk diberitahu bahwa saya gagal registrasi User ID karena menggunakan ID kurang dari 8 digit ! Bayangkan, untuk tau hal sepele seperti ini saja harus telepon CS, buang pulsa, buang waktu, tau sendiri telepon CS bank seperti apa buang-buang waktunya...

Saya juga baru tau kalau GPRS harus on, setelah mengulang semua proses dari awal (ke ATM, registrasi SMS, registrasi Internet dll) baru diberitau oh... itu Handphone China gak bisa dipakai pak !
Buset dah... padahal dari awal kagak ada informasi Harus Handphone Nokia atau yang lain, cuman dikatakan Handphone Java. Gileeeeee..... Komunikasi Perbankan model apa eneee.....

Semua waktu dan biaya terbuang hanya menunggu jawaban :
"maaf pak memang untuk aktivasi internet Banking anda membutuhkan Mobile Token (yang diinstall ke HP, GPRS On, Non HP China), belum ada Hard Token (kita tidak bisa mengurus internet banking dari kantor cabang)".

Jadi... kagak ada solusi.....
Pokoknya untuk bisa Internet Banking Bank Permata, harus ada HandPhone, GPRS On, BERPULSA, Non China, Kepandaian IT dan kesabaran Super Ekstra...
Ini mau internet banking atau belajar jadi Ahli IT ya... bukannya internet banking ya butuhnya cuman KOMPUTER dengan KONEKSI INTERNET ??!?!?!

Kalau bukan untuk Payroll mah, udah gua tutup account ini...

Semoga blogger yang membaca mendapat info nih, jangan*coba coba buka internet banking di bank Permata kalau salah satu dari persyaratan diatas kagak ada hahaha....



.

update, Sep 2011, ada telepon dari Bank Permata, menanyakan apakah PermataNet nya sudah bisa terkoneksi, saya jawab : belum, masalahnya dimana, saya jelasin seperti yang diatas, karena hp saya hp china, bukan BB. Dijawab bahwa sebentar lagi akan ada mobile token untuk PermataNet....
Berita yang menyejukkan hati... at least... ada upaya dari Bank Permata untuk memperbaiki kinerjanya...

Saya akan update lagi kalau akhirnya saya bisa registrasi dan menggunakan PermataNet...

Oohhhh... Permataku.... kapankah kau hadir dalam hidupku....... ouwuwouwoooo...



Update : 30 Nov 2011, sore hari, saya dapat telepon dari Permata bahwa sekarang sms token sudah bisa digunakan. Saya diminta untuk datang ke ATM untuk mengulangi registrasi handphone (sebisa mungkin sama dengan nomor handphone yang dipakai untuk membuka tabungan (adduhhh... mulai deh ribetnya ala Permata keluar...)). Sang penelpon dengan ramah menjelaskan langkah2nya, at least good behaviour lah...

So sore itu juga saya coba ke ATM, registrasi handphone untuk permata Net.
Besoknya tanggal 1 Des 2011 saya coba masuk ke www.permatanet.com, dialihkan ke https://new.permatanet.com.
Klik 'New User' kemudian 'agree'. dan diharuskan telepon ke 500111 atau 63399.
Ternyata 500111 nya gak bisa dihubungin (tet tot... gak bisa dihubungin kok dipasang di website... aduhh... )
Jadi telepon ke 63399. tekan 2 (service in english, bukan gaya, tapi biar cepet aja...), tekan 0 buat operator.

** Update 2 Jan 2012, ternyata, 500111 itu ditujukan khusus untuk fixline saja, 63399 nya untuk telepon dari Hand Phone ! saya dapat info ini dari CS ketika saya menanyakan kenapa 500111 nya gak bisa dihubungin.
Kami sama-sama melihat brochure yang ada di meja CS, tertulis : "hubungi 500111 atau 63399 dari ponsel."
Saya kira dua nomor itu bisa dihubungin dari ponsel, khan kata penghubungnya 'atau' hahahaha...
Gak tau deh, semoga hanya saya saja yang bego, baru tau kalau salah satu untuk "khusus" untuk fixline satunya "khusus" untuk ponsel.... :).

Verifikasi tanggal lahir, nomor telepon rumah, jumlah rekening dalam kartu, bla bla bla...
e... dikembalikan ke menu awal... ya sudah hubungin lagi 63399, kali ini tekan 110.
Abis itu .... coba apa lagi kalau bukan Verifikasi lageee..... (tape deh....)

Kemudian disuruh menunggu... kira2 5 menit menunggu, dihubungin lagi, dikabarin kalau nomor telepon yang dipakai berbeda dengan nomor telepon saat buka rekening, jadi konfirmasi dulu kalau nomor teleponnya mau diganti (ribettt.... ). Disuruh nunggu lagi... kira2 2 menit menunggu.

Ok pak, saya konfirmasi lagi... kata operator, nomor kartu Bla bla bla... nomor account bla bla bla (mana gua inget ??) kode cabang bla bla bla (emang gua pikirin), cabang buka rekening bla bla bla, dalam waktu 1 hari bapak akan dihubungin untuk pergantian nomor telepon... dst, dll, dsb... akhirnya saya setop si operator bicara soalnya lama banget...
"Gini pak, saya cuman mau tanya apa account permata net saya udah diaktifkan"... (udah capeee nunggu...)
"Ok pak, dalam waktu paling cepat 15 menit, paling lambat 1 jam, account bapak akan aktif"
Alamak... mau ngomong itu aja ribeettttttt....

Ya udah trims... ngehek dah disuruh buang2 pulsa nungguin kepentingan si operator mengkonfirmasi semuanya.
Yang jelas karena saya sudah pernah bikin user ID dan password (padahal saya bikinnya sudah 6 bulan lebih dan gak saya inget2 karena registrasi gagal...), saya disuruh pakai user ID dan password yang dulu pernah didaftarkan.

Kalau gak inget disuruh telepon lagi dan nanti password bisa direset ke email yang dulu didaftarkan...
ampyun... deh...
Saya rasa yang nyusun system ini orang IT, lebih mentingin keamanan dan keselamatan (baca keamanan dan keselamatan diri sendiri / programmer) daripada kenyamanan customer.
Kerasa banget gak ada analisa kenyamanan customer...

$0Asekarang saya tunggu deh apakah aktivasi berhasil...

finger crossed....

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jam 9, karena dikatakan paling cepat 15 menit dan paling lambat 1 jam, saya coba untuk gunakan userID dan password. Kelihatannya saya benar-benar harus tunggu 1 jam sampai bisa aktif.
Walhasil karena 3 kali gagal, account saya di lock dan saya harus telepon 500111 untuk mereset password.
Mantap deh.... hahahahaha...

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

December 2011, sempet jalan-jalan ke pasar Atom, saya mampir ke kantor Bank Permata yang ada di Pasar Atom Mall. Saya minta bantuan CS nya untuk menghubungkan saya dengan CS 500111 (biar gak boros pulsa !). Dan walaupun saya harus bicara sendiri dengan CS pusat, saya meminta agar password saya di reset. Katanya dalam waktu 24 jam password baru akan dikirim ke alamat email yang saya pakai waktu pembukaan rekening bank permata. (kelihatannya ini satu syarat lagi, untuk buka account permatanet kita perlu email address...).

saya check email saya beberapa hari kemudian eh, belum ada email dari bank permata.
Kelihatannya masalahnya adalah karena saya salah tulis alamat email, seharusnya .co.id ternyata saya tulis .com.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2 Jan 2012, saya sempat ke Bank Permata Jemursari lagi, kembali harus menunggu 30menit, mungkin karena awal bulan, banyak orang datang ke bank...
Saya lihat Kantor Cabang Bank Permata sudah direnovasi, dahulu menempati 1 ruko saja, sekarang sudah menempati 2 ruko... bisnis berkembang rupanya :)
CS sudah tidak lagi di lantai 2, sudah ada di lantai 1 dan sudah ada 3 CS (dahulu 2 CS), walaupun yang aktif tetap saja cuman 2 counter.
System antrian sudah menggunakan system ticket dan MIS yang canggih yang mutakhir dan dengan demikian management sudah bisa mendapatkan banyak data (termasuk pastinya data lama antrian !!).
Saya lihat customer sebelum saya waktu tunggunya 47 menit :), jadi masih untung juga saya cuman 30menit menunggu.

Akhirnya saya dibantu oleh CS cabang untuk disambungkan ke CS pusat. Ternyata karena email saya yang dulu salah, saya harus memperbaiki email address dahulu, dan ini tidak bisa dilakukan di kantor cabang, harus dilakukan di CS kantor pusat.
Setelah seperti biasa 30an menit harus bicara via telepon dengan CS pusat, konfirmasi segala macam, ganti email address dan sukses, saya harus menunggu 2 hari kerja untuk konfirmasi penggantian email addres yang baru.

Setelah itu baru saya harus telepon ke CS pusat lagi untuk mereset password.

Ayo tahaann Rizall... perjuangan masih panjanngggg.... ayo lanjutkannnn.....

SIAAAAPPPPP.....


+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-

.

118 comments:

  1. Betul bro,..
    PERMATA BANK MEMANG PAYAH,...
    bukannya mempermudah pelanggan malah memepersulit aja,.
    mending kalau HP GPRS nya dibagiin sama banknya mah,hahha...
    la ini mah gimana kalau orang2 yang belum punya fasilitas itu,...
    memang bank permata tidak memperhatikan kebutuhan nasabah... ud cabut aja dari permata bank...
    PERMATA BANK PAYAH TOTAL.

    ReplyDelete
  2. sekedar sharing
    program "mobile token"=program java

    hp nya hrs ada software yg bisa &cocok untuk menjalankan program mobile token tsb

    kl ga salah yg ada program jblend jbed utk yg pda

    ReplyDelete
  3. Sama brader, Permata memang lama2 ga profesional bgt, klo bukan karena rekening payroll mending tutup ni accout. Kualtias kartu ATM nya jelek. 3 kartu saya tumpuk di dompet, permata dah 3x ganti gara2 pecah, yg lain masih utuh. Pernah saya gagal transfer, tidak ada pemberitahuan apa2, saldo dah kepotong, sampe temen sy komplain uang ga masuk, setelah saya komplain 2x via mobile baru dana di refund. Coba kalo ga di komplain pasti ilang itu dana. Dan hari ini kejadian berulang, uang transfer ga nyampe, ga tau ilang kemana. Siap2 mau komplain berat ni.

    ReplyDelete
  4. Sukses registrasi, tapi gak bisa masuk ke internet bankingnya. Coba 3 kali, gagal login, akhirnya ke lock. Komplain ke cabang, dibilang mereka gak bisa bantu dari cabang. Disuruh langsung nelp ke permatatel. Pengen minta mereka yang nelp langsung, eh katanya cabang gak ada telepon (HAH?!). Alhasil, didiemin aja tuh internet bankingnya. Gak guna banget...

    ReplyDelete
  5. hmmm, menarik membaca komplain dari karyawan payroll yg hape-nya made in china, pulsanya pas2an, dg kemapuan IT yg cekak, kwkwkw

    ReplyDelete
  6. Masak ada orang yang bener-bener kecewa terhadap paket yang ditawarkan (yang menurutnya terlampau menyulitkan dan rumit) tapi tetep aja dikata-katain hmppff....

    ReplyDelete
  7. Sorry nh.. Klo ane mah berguna banget permatanet-nya.. Soalnya menurut g gak susah.. Terus ikutin prosedur pasti jadi punya.. Makanya pake BB donk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  8. Gw baru punya rekening di Bank Permata, terpaksa bikin karena baru dapet personal dari Bank Permata. Emang susah untuk registrasi i-banking nya...jauh banget dibandingkan i-banking BCA :-(

    Masa untuk pake layanan i-banking harus punya BB..? Amit2 deh gw pake BB, Android dong...!!!

    ReplyDelete
  9. Emang susah bener mengaktifkan ibanking Permata yang baru.
    Pertama, kita mesti ke ATM, registrasi. Dapat dah kodenya
    Kedua, mesti registrasi ke ibanking-nya, milih token, waktu itu masih punya BB.
    Ketiga, download mobile token-nya, trus mesti masukkan activation codenya.
    Ke4, mesti telp ke Permatatel untuk aktivasi.
    Lihat, ada 4 lapis yang mesti ditembus supaya bisa bener-bener goal. Empat medium yang berbeda terlibat disini : ATM, KOMPUTER, HP dan Telepon.

    Kalau salah satu ada yang miss, mesti ngulang dari awal lagi. Ribet bener sih???

    Sekarang HP BB yang dipake waktu register, hilang. Lagi bingung nih gimana caranya download mobile token BB tanpa perlu ngulang prosesnya dari awal.
    PERMATA oh PERMATA, kenapa ribeeet sihhhhh ?

    ReplyDelete
  10. Geram dgn Permata BankDecember 21, 2011 at 7:14 PM

    Gila bener dah. Saya baru marah-marahin CS Permata Bank. Apa yang Bung Rizal alamin sama persis sama apa yang saya alamin. Saya bolak-balik ATM 10 kali dalam waktu 6 bulan untuk registrasi PermataNet. Gagal terus. Kesimpulan saya proses yang didesign untuk registrasi PermataNet itu sangat PRIMITIVE. PermataBank has gone backwards dengan New PermataNet. Ini bukan kemajuan tapi kemunduran besar! Karena udah ga tahan dan gemas besok saya bakalan ke PermataBank untuk tutup rekening saya. Mubazir buka account, kalo ga bisa pake internet bankingnya dengan mudah. Udah gitu yang gilanya lagi, saya tanya CS apa ada customer complaint department yang bisa saya contact. Kata si mbak CS, "maaf, tidak ada". Saya makin naik pitam! Masak customer tidak bisa menyalurkan feedback sama sekali? Bagaimana mau MAJU sebagai bank?!

    ReplyDelete
  11. Geram dgn Permata BankDecember 21, 2011 at 7:23 PM

    Oh ya, saya mau nambahin. PermataNet ga seharusnya diskiriminasi pengguna hp. Harus pake BB and Java lah bla bla bla. Maap ya... tapi Java Platform itu udah mulai ketinggalan jaman. Sekarang jamannya iPhone dan Android. Harusnya PermataNet itu bisa di access siapa ajah, regardless orang itu punya hp apa enggak. Namanya ajah internet banking bukan mobile banking. D'oh!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ish gue aja ya mau trf tapi disuruh masukin repsons code dari challenges code tp ga nongol nongol di sms! please deh

      Delete
  12. thanks banget untuk blog ini atas infonya... gw juga jd ragu mau aktifin e-banking nya permata. sebenrnya udah cukup aman kok yg model lama, tanpa token. klpun mo ganti sistem mustinya permata pake hard token aja kayak bca dan mandiri. bener kata yg lain, ini kan internet banking bukan mobile banking. oya... yg udah aktifin sms token (bukan mobile token) bener gak tuh bakal motong pulsa?? ada yg komplain di detik. kl bener motong pulsa, ini bener2 internet banking yg bodoh.

    ReplyDelete
  13. saya juga pusing nih registrasinya, enakkan pake permatanet lama (lebih simpel). Jadi males nih pakai permatanet, lebih baik pakai klik bca, gak ribet. Masa harus bolak balik ke atm permata untuk re-regiter, RUWET RUWET RUWET RUWET RUWET RUWET RUWET RUWET..................

    ReplyDelete
    Replies
    1. RUWEEEEEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

      Delete
  14. Heran kok pada ribet amat sama Permata? Udah berapa tahun gw pake kok baek-baek aja. Internet banking, sms banking, semua baek-baek aja ga ada/belum ada masalah. Bank lain malah banyak yg ga se enak ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  15. Sumpah gw jengkel banged dengan team backend mereka. Gw sudah pake permatanNet yang baru setelah 16x ke ATM (yang lain ada yang bilang 10 kali...hehe). Kalo sudah berhasil login...dan
    sekali Lu salah masukin token, systemnya maksa mesti registrasi dari Awal. Kesimpulan gw, user diharapkan 100% perfect gak boleh salah sedikitpun. Itu juga ketauannya setelah prosedur reset password ampe 4x tapi tetap gak bisa login, padahal sudah gw kasih tau ke CS PermataNet kalo gw salah masukin token..e dia tetap kasih tau "kita reset aja password Bapak yach..." tape deee...
    Kalo saran gw ..mendingan jangan pernah mencoba registrasi deh. Capek di tenaga waktu dan pikiran.

    ReplyDelete
  16. Masa sih? Udah login Permatanet terus salah masukin token? Gw salah masukin token gpp kok. Tinggal diulang aja. Salah masukin password juga gpp. Ini gw lagi coba gw salah-salahin tetep aja gpp tinggal diulang aja. Ini orang-orang kynya pada ga jodoh deh sama Permata. Gw sih masih baek-baek aja sampe saat ini. Padahal sejauh gw pernah nabung di beberapa bank cuma ini aja yg enak ga ribet.

    ReplyDelete
  17. PermantaNet sepertinya tidak melakukan riset yang cukup tentang kenyamanan system Internet Banking mereka. Saya menggunakan internet banking BCA, Mandiri, BII sudah sejak hampir 10 tahunan yang lalu. Jujur saya bilang PermantaNet sangat rumit, buat user awam tentu lebih nyaman menggunakan program yang lama (yang sudah expired). Dan blog di atas memberikan cerminan betapa sulitnya melakukan registrasi (bahkan untuk tahapan awal)... seperti kekhawatiran saya juga, jika user yang menggunakannya tidak cukup mengerti IT (kurang mengerti IT) "mungkin" akan menyerah seperti rekan-rekan di atas.
    Tinggal dilihat bagaimana perkembangan user yang melakukan registrasi PermataNet ini kedepannya. Perkiraan saya mungkin paling banyak 15% dari total pengguna system yang lama.

    ReplyDelete
  18. THE WORST INTERNET BANKING.
    1. password harus di rubah, dan tidak boleh sama dengan yang pernah di pakai.
    2. Check saldo harus pake token.
    3. Token memakai blackberry, kalo blackberry nya hilang / di ganti harus di daftar ulang.
    4. mau transfer, bayar, atau transaksi keuangan sangat rumit dan bertele2. Transaction basket is doing nothing really.
    5. Sebagai pemakai internet banking dari BCA, Mandiri, BNI, BII saya rasa permata lah yang merupakan paling payah. Dari User Interface nya, sampai eksekusi transaksi sangat ruwet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @halims:
      bener bgt, permantanet.ribet.com
      login saja harus pake token

      Delete
    2. Setuju banget.... Sama sekali tidak user friendly... Apa IT Permata Bank gak bisa melakukan upgrade atau perbaikan interface??? KECEWA BANGET sama Permata Bank!!!!

      Delete
  19. Yup.. PermataNet emang ribet keliatan dari how to register di brosurnya juga saya dah complain mulu ke staf-nya, ampe akhirnya minta daftarin lsng ke stafnya. Alhamdulillah dari pertengahan thn kemarin, baru sekarang dicoba lagi login dan berhasil fiuhhh

    ReplyDelete
  20. Ribet banget PermataNet ini bila dibandingkan dengan i-net banking bank lain
    Ada yang tau cara remove Transfers List?

    ReplyDelete
  21. So far pake permatanet mempermudah semua transaksi ane gan... dibandingin bank2 yg mayoritas warna biru itu. Thank Permata. Kalo kasus ente mah ane kaga tau, di bagian apanya yang salah, sistemnya kah, ato nasabahnya... wkwkwkwk... kalo menurut ente rempong mah kaga usa dipake aja, beres.

    ReplyDelete
  22. Mungkin bagi banyak orang ribet, tp untung bagi saya tidak. Dan saya sudah menikmati sekali fasilitas New Permatanet ini (bukan sales Permata loh). Bisa transfer online seperti di ATM --> ini yg jelas beda bgt ama versi lama (hanya SKN/RTGS). Jadi skrg sy ke atm kalo ambil duit aja. Pantesan Bank Permata gratisin biaya transfer online/LLG/RTGS dan biaya administrasi pembayaran kartu kredit/listrik/telepon via Permatanet sd 31 Des 2012, banyak yg komplen tuh pas registrasi. Sy makin seneng aja nih bayar PLN ga kena 2000, kartu kredit cashback bulan depannya, Telkom ga kena 2500, transfer kemana aja free. Udah gitu tabungan Permata Bebas free biaya admin n kartu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu diralat tuh soal transfer, emang permata bebas menawarkan bebas biaya transfer dengan catatan, biaya admin bulanannya 15rb.. trus untuk bebas biaya transfernya cuma 3-5 kali kalo gak salah( ke bank lain loh) jadi gak benar bebas biaya..

      Delete
    2. Untuk permata bebas, bebas biaya admin jika melakukan transaksi 3x via menu Payment di ATM/Permatanet/Permata Mobile/Permatatel. Sebulan 3x sdh cukup bagi saya utk bayar kartu kredit, PLN, Telepon, zakat/sadaqah, dan postpaid HP. Ada ket di webnya koq.
      Kalo ga sampe 3x, kena admin 9000, bkn 15rb, temen kantor ada yg ga sampe 3x n kena 9000.
      Utk transfer memang max 3x, saldo sblm trf 2,5jt
      Lagian sy nulis di atas free biaya admin dan kartu, bukan biaya transfer. Free biaya transfer krn ada promo di Permatanet sd 31 Des 2012.

      Delete
  23. yeah.. apa yg diutarakan teman2 disini emang ada benarnya.
    Permata bank sebenarnya sudah cukup bagus dalam memberi layanan kepada nasabahnya semenjak resmi menjadi permtata bank.
    khusus untuk layanan permatanet, layanan yg dulu lebih simple dan mudah untuk nasabah menggunakannya, seperti yg telah diulas oleh teman2 diatas, namun untuk layanan yg terakhir ini newpermatanet.. memang mungkin tujuannya untuk antisipasi keamanan, namun kog cenderung seperti yg dikatakan yg punya blogger ini, keamanannya si proggrammer dan mengurangi kenyamanan nasabah pengguna.

    dan dari sudut pandang komersial, saya melihat adanya upaya terselubung memanambah pendapatan bank(mungkin) dengan harus slalu menghubungi 63399 untuk aktifasi dan masalah log in. berapa pulsa yg habis utk menghubungi nmr tersebut?
    resmi per april ini, cabang atau unit tidak boleh lagi menjadi perantara menghubungi permatanet, dengan kata lain, mau hubungi permatanet, ya harus bayar!!! (lewat pulsa)
    sedikit saja ada kesalahan dalam pengisian password(bisa karna lupa, salah pencet, gangguan koneksi)setelah 3x coba, maka buntutnya ya harus telp permatanet lagi yang artinya bayar lagi!!?

    jadi saya tidak melihat adanya peningkatan layanan utk nasabah dlm hal permatanet ini. yg ada malah penurunan kualitas layanan dan penambahan biaya. kalau itu benar layanan, kenapa nomor permatanet gak dibikin toll free saja?

    terus terang, saya nasabah permatabank semenjak mulai berdirinya, dan sekarang saya malah sedang mempertimbangkan untuk pindah bank kalau layanannya jadi semakin jelek begini..

    bagaimana dengan manajemen permatabank khususnya yg menangani permatanet.. ada yg baca blog ini gak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nie.., ane jg punya pmikiran spt itu walau jd nasabah permata krn KK dr pmbelian mobil (AstraWorld permata). jelas2 ada promo iuran thn 1 gratis ttp aja di bill ada. pdhal mereka psti tau kenapa kita hrs komplain sruh tlp ke 63399 HUH cari pulsa nie.., alhasil ane byar aja bill KK di kurangi iuran thnan biar CS KK yg tlp komplain ane. Ane prinsipnya klo masalah kpd bank kita ikuti prosedur yg menurut kita baik n gak langgar aturan, klo emang ada yg mis pasti CS yg tlp, nah kesempatan kita buat komplain thu... ya :D

      Delete
  24. Saya sudah lama menjadi nasabah bank Permata sejak masih bernama Universal Bank. Menurut saya yang bagus dari Permata adalah keramahan CSnya yang jauh lebih baik dibanding bank swasta lainnya.
    Saya juga puas dengan ATM Permata yang merupakan Pionir "atm bersama" dan juga layanakan Mobile Bankingnya juga cukup memuaskan.


    TAPI...
    Saya baru satu bulan ini pakai layanan PERMATA NET.. ini produk Permata yang menurut saya GAGAL.. sejujurnya saya mengaktifkan layanak "klik Banking karena sehari2 saya bekerja dengan internet dan Permata sedang ada promosi bebas biaya transfer sebesar Rp.5000 tiap kali transfer.
    Baru sebulan saya coba, sudah 4 kali saya bolak balik telpon customer service untuk RESET PASSWORD! dan benar spt Rizal bilang, setelah ditanya ini itu butuh 1 jam paling cepat untuk dapat password baru.

    Menurut saya yang SUPER DUPER TOLOL adalah DEVELOPER dan TESTER yang bikin PERMATA NET. Hanya 3 kali salah ketik USER ID atau Password, login sudah langsung di blocked? dan harus reset ke CS tidak ada cara online untuk melakukan reset password. Belum lagi kalau sudah ganti password, maka password yang sudah pernah dimasukan gak bisa lagi pakai walaupun sudah 4 kali ganti password, (total berarti ada 5 password pilihan yg saya pernah entry). Masak saya harus catet di komputer password baru? bukannya itu lebih bahaya daripada saya inget. Kalau password login aja ribet, Lah apagunanya ada TOKEN PIN?.. Padahal PIN TOKEN harus dari HP yang terdaftar baru bisa ngecek saldo dan transaksi online..

    Saya juga setuju jangan2 ini cara kotor supaya Permata call dapat pendapatan dari pulsa? saya emang belum ngecek berapa pulsa saya yg kepotong, tapi kalau sampai pulsa dihitung per menit berarti Permata keterlaluan.. harusnya kalaupun layanan call center bayar, tarifnya FLAT.

    Semoga BLOG ini dibaca oleh manajemen Permata, terutama oleh Direktur ITnya supaya gak disangka DUNGU, karena kalau ngomong kasih masukan ke CS juga percuma gak akan didengar apalagi disampaikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  25. Page permatanet itu lambat banget ngeload nya dan sering gagal load, ya mungkin masalah jaringan (meskipun aneh... karena kalo buka net banking bank laen lancar lancar aja, cenderung cepat malah), TAPIIII yang lebih bermasalah itu page Permatanet itu ga user friendly... Jauh banget dengan tampilan net banking Bank lain yang kalo ngulik sendiri pun mudah dimengerti. Page Permatanet susah banget dimengerti DAAANNN dengan lambatnya koneksi semakin membuat stress nasabah... Apa mungkin cuma saya yang ngalamin kelambatan loading page Permatanet?

    ReplyDelete
  26. Semua yang anda tulis disini saya mengalaminya juga. Mulai dari Registrasi yang ribet, bolak balik ke Atm dan nelponin CS dst...dst. Emang payah bener ini sistem permatanet dan permata mobile. Bukannya membuat hidup kita jadi mudah malah jadi masalah. Setuju dengan bung Rizal kalo bukan gajian via permata nggak bakal saya pakai Permata. Belum lama saya ada masalah dengan permatanet yaitu ada transaksi yang terdebet 2 kali. Udah ngurusnya ribet bolak balik telp CS, lama lagi selesainya yaitu hampir sebulan. Udah gitu ujung2nya duit yang terdebet 2 kali kagak bisa balik dengan alasan udah masuk ke tujuan. kalo emang cuma gitu ngapain pake hampir sebulan segala yak. Ampun deh ini Bank Permata, kayak gini pelayanannya kok bisa jadi meraih Perbankan Terbaik

    ReplyDelete
  27. saya abis beli hape android baru nih ceritanya.
    terus mau download ulang mobile tokennya, udah sms dan di reply link downloadnya, eh gak bisa di download.
    cari2 akhirnya ketemu backup-an apk-nya, ya udah install aja dari situ.
    begitu di suruh aktifasi balasannya malah aktifasi error, reset aktifasinya dulu.
    ngeresetnya juga gimana?

    nih hape masih baru, klo udah ke root sih tinggal pake titanium backup terus restore.

    saya aja orang IT tapi bener2 enek sama layanan e-banking bank yg 1 ini,
    sama kasusnya nih klo bukan karena buat gaji gak bakalan pake nih bank.
    udah biaya pajak dan administrasinya gede, bunga aja gak ada seberapa tekor mulu tiap bulan nabung di situ, eh mau e-banking aja dipersulit.

    pihak bank permata harusnya sering2 survei, apa gak pernah ada yg komplain kali yah?

    ReplyDelete
  28. Kerja di Astra group yah makanya pada pake payroll di Permata? Sama donk tp sy tidak mengalami masalah, fine2x aja nih pake internet banking Permata, biaya admin free pula, ga kayak Mandiri/BCA/BRI

    ReplyDelete
  29. gw nasabah baru d permatabank, biaya navigator SMS jg mahal pas ngaktifin mobilebanking, 5000/sms, ngalah2in sms premium aja
    *baru sadar pas liat rekening koran

    ReplyDelete
  30. Pada perhatiin nggak? Permatanet yang baru ini, cuma tersedia dalam bahasa Inggris. Dan sama sekali nggak ada pilihan untuk bahasa Indonesia. Jadi kalau kita nggak terbiasa dengan istilah-istilah bahasa inggris, matilah. Balance Inquiry aja bingung artinya apa hehehehe.
    Kalau menurut saya sih, mereka beli aplikasi paket dari luar, tapi gak bisa maintain atau di customised sesuai kebutuhan mereka. jadinya susah kalau ada keluhan ini itu.
    Temen-temen gw banyak yang kerja di IT permata net, tapi gak tau deh mereka pada ngapain.. jangan jangan cuma terjebak dengan rutinitas kerja sehari-hari... dan kayaknya nggak ada yang ngurusin internet banking :(

    ReplyDelete
  31. seru banget baca pengalamannya, plus komentar2. mudah2an pihak permatabank membaca artikel ini dan melakukan perbaikan segera.

    ReplyDelete
  32. Awalnya SMS banking terasa nyaman di pakai, karena gue kemana mana selalu bawa HP.

    Tapi di tempat kerja baru, kaga ada sinyal sama sekali jadi ebanking Permata menjadi mustahil. Baru deh terasa SMS Token dengan permata bank rese banget.

    Karena ga ada alternatif gue terpaksa pakai bank lain untuk kepentingan transaksi.

    ReplyDelete
  33. busyeet... segini banyaknya komplen kok seperti ga ada usaha tindakan perbaikan dari permatabank, padahal disini yang komen ada juga lho yang humasnya permata.... :)
    pengalaman saya karena baru, belum sebanyak ini susahnya ketika membuka rekening baru. cuma agak hang ketika aktivasi dengan hape, CS nanya ke saya pake hape apa? saya bilang apple, iphone.... si CS diem, trus bilang tulis aja download android, saya bilang iphone... dia tetep bilang ya download android... setelah didownload, ya jelas ga bisa diinstal ke hape saya aplikasinya.....
    dari situ tidak saya lanjutkan aktivasinya, kemudian di rumah saya coba aktivasi permatanet, internet banking... busyeet, gagal muluk, masukin no rek dan no pin... padahal saya pastikan berkali-kali saya tidak salah masukin no rek dan no pin....... baru segitu, trus saya cari diinternet kasus aktivasi di permata bank, Disini rupanya pada ngumpul...... saya nyimak, dan saya sangat berharap permata bank baca ini dan buat [erubahan yg memang membuat nsabahnya nyaman...

    ReplyDelete
  34. Hari ini barusan aktifkan PermataNet (jam 14:00), abis itu bisa transaksi (beli pulsa, transfer ke rekening bank lain).

    Pagi hari mau gunakan lagi utk transaksi online (transfer), jam 02:00 am, gunakan user ID (bener) dan password salah (pertama gunakan no pin atm, lalu gunakan response code (sms) terakhir yg diterima dari 63399 (ada banyak sms dari no ini, jadi lupa mana yg digunakan utk password), gunakan email sbg password, etc), akhirnya terlocked stlh 6 kali.

    Telp 63399 pagi hari, bicara dg operator disconnected ditengah2, telp lagi, kali ini versi English, dijawabnya Indonesia. Akhirnya dibilang 1 jam lagi bisa direset (bujug, reset password aja 1 jam).
    Gak sabar karena ketidakkompetenan, akhirnya register ulang di new.permatanet, dapat token baru, setiap kali login dg token dan userid:
    Page Errors

    Could not find that user or password is invalid. Please enter valid user details and password.

    Padahal dah dapat email dan sms token activation successful(l).
    Najis ini IT system bank permata, naujubilah ketidakbecusannya. Proyek IT nya mungkin habiskan milyaran rupiah, tapi hasilnya anjrot, bener2 najis.

    Penasaran gw perusahaan mana sih yg dapat proyek IT nya, ini front-end, middleware dan backend parah banget interkoneksinya.
    Gunakan HP token harus dengan HP yg dukung Java MIDP pula, masya allah, bikin aplikasi Android kan gak susah, deploy aplikasi Java dg jar file itu 5 tahun terbelakang...250 juta penduduk Indonesia apakah bener2 gak kompeten gini.
    Sorry ya curhat, the sheer incompetence of our people frustrated the hell out of me.
    Forget corruption, it's the incompetence and ignorance that make our country/people such a backward and a helpless nation


    ReplyDelete
  35. Dah jam 03:45 pagi nih, waktu 1 jam yg dijanjikan utk reset password dah lewat. Bener2 omdo nih, percuma aja begadang.

    Coba register lagi dan dapat sms token lagi, masih sama errornya, userid/pass gak valid, duh, ini aplikasi dan database gak match gini.
    Saran saya buat Permata jk mau membangun sistem IT, jangan gunakan tenaga Indonesia atau India, karena track recordnya buruk sekali utk membangun sistem yang besar, Indonesia tentu lebih buruk dari India.

    Ini permasalahan muncul dari gak sinkronnya database di aplikasi front-end dan yang ada di backend, biasanya karena middleware gak berhasil mengirimkan data transaksi dengan lengkap.
    Tolong ditroubleshoot data-data txn yang ada, juga operator teknis tolong ditingkatkan skillnya dan belajar memahami sistem yang dia tangani. Biasanya developer yg turun tangan cuma 1 atau 2, tolong kasih report troubleshooting yg lengkap, pihak manajemen teknis harus lebih proaktif dan ngasih tekanan ke tim teknisnya.
    Saya yg customer saja sampe begadang, jangan2 tim teknis cuma nonton youtube.

    Waktu kosong jangan digunakan utk ngobrol, nonton atau baca politik, gunakan utk tingkatkan kemampuan dan usahakan senangi pekerjaan dan proses belajar. Tongkrongi Stack Overflow, bukan detik, nonton bola atau youtube.
    Kalau denger istilah i18n atau l10n, langsung terbersit apa dan gimana mengimplementasikannya di Java, C++ atau C#. Jangan baru level: cek google dan baca 'pengenalan', 'introduction', 'apa itu??'...otak diisi dong.

    Kalau ada banyak orang kita yang menjadikan proses belajar dan bekerja sebagai kebiasaan yang menyenangkan, maka bangsa kita akan jadi bangsa yang kompeten.
    Negara maju hanya terwujudkan dari kualitas SDM-nya, bukan kekayaan alamnya. Selama rakyatnya jarang membaca, menulis, belajar, berpikir, bekerja, ya selama itu pula kita jadi negara berkembang...berkembang...berkembang terus sampai capek deh...

    ReplyDelete
  36. Update, pagi jam setengah tujuh berhasil direset pass nya dah, get things done sih gtd, tapi ya itu lambretta nya bo, gimana mo bersaing di tingkat internasional klo gini sih.
    Dalam 4+ jam seorang programmer yg baik (gak hebat) bisa bikin web server sederhana menggunakan C/C++ atau python, parsing message yang diterima dg format yg field-delimited dan tampilkan pesan berdasarkan requestnya. Tim permata lumayan lah, bisa reset password dg waktu segitu.
    Soalnya, di Indonesia saya tau ada programmer yang habiskan 6+ jam utk pelototi facebook dan tdk menghasilkan apa-apa.
    Cem mana ini negri? Orang kata mau maju yang ada cuma sembilu.

    ReplyDelete
  37. waktu bersih2 cache di android ICS ternyata affected ke mobile token, singkat cerita ga isa di panggil to token.)telp CS
    1.pak Leo as CS menyarankan untuk pakai android 2.1 ( SIAL!!!! SELAMA INI gw kan pake ICS malah ane sanggup taruhan kalo itu juga jalan di jelly bean. ) akhirnya ane sedih dengan SDM di bank permata. punya system sampah dan 0r^n9 sampah kok bisa idup tuh bank ? (*#&Y*&@)*&(*

    trus 1 lagi
    perhatiin deh link berikut
    h++ps://n3w. permatan3t. com/p3rmatan3t/mtok3n/td?s=0658185c9a31c82c-23edaf87-8951a87b ->dapet dari sms

    dengan
    h++ps://n3w. permatan3t. com/p3rmatan3t/retail/registration/verifyaccount?lang=in -> dapet pas mau daptar di link permata.

    jeng---jeng ....... liat dari sisi sekuritinya....... ada apa????.

    yg ke 2.
    jeleknya ... remember password nya bikin ngehe!, napa gak sekalian 100 remember pwd can't used anymore ! ( buat tuh sticky di depan! )

    ke 3. bandwit aplot nya ... itu lhooo menggemaskan. as info IIX saya 15mb to 32mb, tapi lemottnya lambat macam siputtttt!!!!! , KALO LOM SIAP GOLIVE JGN DI PAKSA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ke 4 . sering intermittent ... makanya jgn pake PROVIDER SKRG!!!!!!, dan 1 lagi dari sisi penampakan web server untuk transaksi jgn terlalu paranoid hoiiii team IT......... BEGO BGT SIH BUAT RULESSS/POLICY

    udah ahhh kesel gw lama2

    ReplyDelete
  38. Gw ngerasain internet Banking yang paling enak ya di Permata

    kenapa..?


    ya karena kita ga perlu ribet bawa token / key kaya bank2 lain.. jadi cukup install tokennya di hp / ga perlu beli token manual & menurut gw skarang udah ga jamannya lagi


    Registrasinya juga ga ribet , ga perlu call CS

    Saran gw , Hp yg buat token itu
    1. yg suppot java ( pernah berhasil install app java)
    2. blackberry
    3. Iphone

    jangan pake OS mainan macam Adroid & HP cina

    ReplyDelete
  39. ketahuan nih yee pasti pada kerja di Astra Group yaa payroll nya permata semua (sama gue jg hahahah)

    Pengalaman gw juga, udah seminggu ini mau daftar e-banking sampe sekarang gak berhasil,,,searching om google nyampe nya kesini,,,udah bolak balik telp 500111 tetep gak berhasil juga,,,

    Alhasil gw menyerah!!!!!!!!!!!!!!!!!!mending beli token BCA aja 10rebu kagak usah ribet ngabisin pulsa telp call centre, beres,,,,

    ReplyDelete
  40. hahahahaaa.. nie Topik dari 2011 - 2013 masih banyak penggemarnya.
    ya termasuk gw, yang ad problem dikit sama permatanet.
    Waktu ke Permata mw regristrasi, ternyata gak sesulit dari awal sampe akhir ternyata aman-aman aja ya.. walaupun harus mondar - mandir ATM dan mungkin karna gw pake BB.
    Gw lupa step2 regristrasinya, dihari diitanggal yg sama dan waktu yg sama gw regristrasi CS langsung nunjukin ke gw lewat komputer-nya klw internet banking nya sudah aktif. akantetapi hanya bisa buat check - check isi ny Aja, karena untuk transaksinya harus pake TOKEN.
    Gw disuruh sms ke ketik Download Mobile Token ke 3399, kemudian dibales link untuk download TOKEN. Karena waktu itu gw males akses internet bankingnya di Bank,mendingan gw pulang.
    Besoknya GW coba, eh ternyata internet bankingya bisa digunain dengan Token Mobile untuk transaksinya bahkan sering Gw gunain sampai sekarang (sebelum BB gw belum rusak :( :( ) .
    This My Problem,..... Setelah BB gw rusak dan divonis oleh dokter HP klw harus ganti IC, terpaksa GW beli BB Baru. Nah disinilah timbul permasalannya ehmm,........ Saat gw coba lagi untuk download tu makanan (TOKEN) hehehe.. ini yang buat GW Bete. sudah hampir 9 x SMS ke 3399 dengan pulsa Rp.550 1xSMS dan Rp.550 1xTerima Blsan jadi kalau ditotal 9xRp.550+9xRp.550 = Rp.9900,- akhirnyaaaaaaaaaaa tetep aja gak Bisa.
    Dan tau gak lebih bego'nya lagi gw setelah gw check link yang dikirimkan dari sms 1 - 9 itu sama. sebelumnya Gw males ngecheck karena link nya adl kombinasi angka,hurup ya entah apalah, yang pasti bikin mumet kalo dihapal. :). Tapi atas problem ini gw belum sempet sih tanyain si CS dan ke Permata banknya langsung karena belum sempet n belum dpt cuti. Maklum di Utan. Hehehee.....
    Gw berharap Semoga tampang gw menawan saat ketemu CS permatabank itung-itung problem solving ya sapa tau dapet gebetan coz CS yg kemaren cantik abisss. :).
    Ammmiiiiinnnnn.
    Nah begitu donk, diammiinnin. :)

    Dan berharap semoga Permata Bisa meningkatkan kualitas support customer (uppss maksudnya Nasabah) karena ribuan Karyawan Group ASTRA dan nasabah lainnya ingin yang terbaik apa yang telah dipercayakan oleh nasabah.

    Begitulah Suka Duka Gw Berasama Bank yang menjadi kebanggan Group ASTRA (KATANYA he..he..he)

    ReplyDelete
  41. bukan cuma agan2 aja... saya juga pernah. ini lebih parah. saya pernah kebobolan uang via ATM. waktu itu saya masih ingat betul. jam 4 sore saya masih di kantor, tiba2 ada ada sms dari operator bahwa saya telah tarik tunak via ATM sebesar 800.000 padahal waktu itu ATM ada di Dompet saya. langsung aja saya blokir. setelah saya lapor ke cabang (kapten Muslihat-Bogorkota) tunggu 1-2 minggu untuk investigasi (mungkin untuk menangkan saya, dengan kata "Invenstigasi" ) setelah nunggu 1 minggu ada telpon katanya ini kasus baru, kejahatan baru. kami tidak bisa melacaknya. padahal kalo pake logika gampang bgt cara investigasinya.ini logika saya : tarik tunai jam 4, dari ATM berlogo ALTO, lokasinya dia sudah tau (katanya sih SPBU Dramaga) tinggal liat aja di rekaman CCTV pas jam 4 itu...... gampang kan??????? ternyata IT bank permata pada tolol

    ReplyDelete
  42. nanya dunk...
    gimana yah cara download mobile token permata, saya baru ganti hp dari samsung galaxy ace ke samsung s3 mini, cb download permata mobile yang biasa saya pake ternyata gak bs di hp baru saya...hub CS nya,CS nya ngotot bilang bisa... saya cb lagi trus saya telp lg (ternyata samsung s3 mini ga compatible sama permata mobile. os nya ketinggian, info ini saya dapat dari share agan2 dan saya buka kartu nanyain apa Permata mobile compatible dg OS 4.1?? CS nya baru ngeh...dan bilang ga compatible. dari td bertele2...)

    saya nanyain cara download permata net,dikasih tau caranya...dibantu petunjuk di web,setelah itu keluar pilihan mau gunakan sms token/mobile token, lalu saya pilih mobile token.Tiba2 mncul link download mobile token dari permata berupa sms yg dikirimkan ke hp saya, setelah proses aktivasi permata net selesai saya klik link yg dikirim ke saya berupa sms dan berhasil download, namun kenapa ga bs di install yah??muncul pilihan sama seperti saya download permata mobile td(yg ujung2nya ga compatible) mgkn ada yg bisa bantu saya menjawab seputar kasus saya ini?

    Mohon pencerahan agan2..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saja Permata net ada drop box email atau tempat ninggalin pesan, akan lebih memudahkan kita semuanya... setelah lebih 2 tahun, kelihatannya masih belum ada kemudahan yang diberikan untuk gadget-gadget 'bermasalah' :D.
      Satu satunya jalan mungkin ya cuman ganti gadget ke yang direkomendasikan oleh Permata Net :P

      Delete
  43. Sebenarnya untuk registrasi permatanet pada awalnya agak susah karena banyak yang harus diselesaikan (bolak-balik ATM, dsb), tapi jika dari awal kita sudah tau semua prosedurnya, maka itu semua tidak akan jadi masalah, mengenai TOKEN yang katanya harus didownlod di hp, sekarang ga usah download juga bisa, dl saya juga download di hp china, bisa koq, tapi berhubung sekarang saya pake hp samsung jadul, maka saya tidak bisa mendownload token/mobile token lagi, tapi saya masih tetap bisa mempergunakan internet banking saya, setiap mau melakukan transaksi, permatabank selalu mengirimkan kode melalui sms, jadi tanpa mendownload token/mobile token, kita juga bisa tetap melakukan transaksi melalui internet banking. Semua bank pasti punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing, seperti citibank (kalau ga salah, tokennya juga pake hp, bukan hard token spt kepunyaan bca). Jadi semua tergantung pada pribadi kita masing-masing, jika kita merasa tidak puas dengan pelayanan dari satu bank ya, pindah saja ke bank lain yang kita anggap bisa memuaskan/sesuai dengan selera kita. Saya kira mungkin untuk topik ini cukup sampai disini komennya karena saya lihat semua komennya hampir sama permasalahannya, padahal uda 2 tahun topik ini ditulis, jika kita semua merasa pihak bank permata tidak melakukan perubahan, ya tinggalkan saja bank itu, ga perlu 'menjelek2kannya' lagi. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus saya, account saya tidak bisa ditutup pak, karena digunakan untuk payroll (sudah saya tulis di posting pertama diatas).
      Sampai sekarang setiap bulan saya masih harus mencari lokasi bank Permata terdekat untuk transfer atm dan itu cukup merepotkan.

      Kesulitan yang saya alami betul betul real, dan apa yang bapak alami tidak meniadakan apa yang telah saya alami dan beberapa rekan lain yang sama sama tidak menemukan solusi dan tempat penyaluran masalah.

      So there...


      Selama kita menulis apa adanya, saya rasa tidak ada salahnya.
      Jika bapak bisa menunjukkan email keluhan pelanggan dari permata net, dengan senang hati saya akan sampaikan keluhan secara resmi.

      Saya kira Permata Bank terus menerus berusaha memperbaiki diri juga, saya pernah ditelepon untuk memberitahukan sms token sekarang gratis dan semacamnya (tapi apakah sudah bisa dilakukan registrasi dari HP China ?, walahualam), next time saya coba deh, semoga ada perbaikan...

      Namun apa yang sudah pernah terjadi ya memang demikianlah kejadiannya, real, tidak dikurangi dan tidak ditambah, jika ragu dan ingin cross check, silahkan check tanggal penulisan dan konfirm ke bank Permata apa betul tanggal segitu standard SOP nya memang demikian.
      Jawaban yang saya terima, perlakukan yang saya terima memang demikian apa adanya.

      Semoga memang sudah berubah... we all wish for a better service... tapi apa yang sudah terjadi ya memang demikianlah adanya...

      salam hangat

      Delete
  44. hahahahahaha .... ngakak ... lucu cara penulisannya ..
    yg penting berhasil mas bro ...

    ReplyDelete
  45. Saya juga korbanbank permata yg payah. Sudah 2x kartu kredit permata saya dipakai. Dgn iming2 diinvestigasi tapi hasilnya NIHIL. Sunguh payah dan sangat kecewa.

    ReplyDelete
  46. Permata Mobile atau apapun itu namanya pada awalnya juga sempat membingungkan saya dan memang pada awalnya waktu registrasi di ATM disuruh memasukkan password, lalu saya tekan PASSWORD ANGKA di ATM. Setelah saya coba beberapa kali di Login di Permatanet akhirnya account saya terblokir dan disarankan untuk RESET PASSWORD dengan menelpon 500111.

    Saya coba hubungi 500111 dan berbicara dengan CUSTOMER SERVICE lalu password saya dicoba RESET dan saya disuruh TUNGGU, JANGAN TUTUP TELEPON. Setelah beberapa saat menunggu, CS PERMATA kembali berbicara dengan saya dan akhirnya dia bilang kalau password reset akan dikirimkan ke EMAIL saya dan disarankan dengan cara COPY PASTE LINK dari KOMPUTER. Setelah PASTE LINK tersebut, maka kita akan diminta mengisi PASSWORD BARU, lalu saya tanya passwordnya berupa apa? Dia mengatakan KOMBINASI HURUF, HURUF BESAR DAN ANGKA, MINIMAL 8 KARAKTER.

    Kemudian, saya coba membuat password baru di komputer. Contoh password sesuai ketentuan: perMata1234 -> ada huruf kecil, ada huruf besar, ada angka.
    Setelah saya lakukan hal itu, saya coba kembali LOGIN menggunakan USERNAME/ID & PASSWORD BARU saya dan akhirnya berhasil. Kemudian saya coba juga di HANDSET saya dan juga berhasil.

    Baiknya kita jangan berprasangka buruk terlebih dahulu. Kita semua seharusnya bekerjasama, saling bahu-membahu demi kemajuan kita bersama. :)

    Semoga Sukses teman.

    Salam hangat,
    RSTH

    ReplyDelete
  47. Ahhh gw dari jaman bank bali sampe sekarang fine fine aja tuh. Ngga seribut itu.

    ReplyDelete
  48. Disini byk bgt kumpulan org bodoh atau tidak bisa system atau tidak bisa baca petunjuk n peraturan. perasan saya sdh lama pakai bank permata, ok ok sj tu (Upss bukan promosi bukan ada maksud apa apa, yg perlu sy tekankan adalah kenali systemnya dulu, pelajari apa yg ada. baru koar koar. ok. salam bodoh dr sy buat anda yg bodoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar, mas.. ada alasan mengapa negara ini masih gini2 aja.

      Delete
  49. Lucu n ngakak liat ulasan2 sobat disini. Saya jg coba registrasi ebanking permata tapi gagal trs, alhasil males dah, apalagi bnyk komen negatif gini. Tapi selama saya pake sms bankingnya, g prnh ada problem, enak dipake, g ribet. Jd, mending pake sms banking aja, yah paling tdk, buat saya nyaman.

    ReplyDelete
  50. Berhubung saya mau daftarin internet banking. Kebetulan nomer waktu buka rekening beserta hp nya hilang. Saya registrasi TIN di atm dan berhasil.Tapi pas mau mengganti nomor hp yang baru , tertulis "nomor tidak terdaftar" Kemudian Saya telefon permata tel menanyakan perihal tsb. Saya mau mengganti nomor telefon yang baru aja di suruh nunggu 3 hari. Padahal saya sudah verfikasi data2 saya mulai nomor rekening, alamat , tanggal lahir. Harusnya mengganti nomor telefon itu cukup melalui mesin atm aja. Ribet banget system nya. Pake disuruh menuggu sama cs nya dan pesan nya jangan di matiin mau di alihkan ke mesin penjawab suruh masukin nomor atm sama TIN eh ujung2 nya di suruh menunggu 3 hari, Dafuk banget !!!

    ReplyDelete
  51. Saya hanya menggunakan 2 bank untuk bertransaksi rutin bulanan, Permata dan Bank Niaga,tapi dari ke 2 bank itu saya merasa hanya permata yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi ebankingnya. Sampai saat ini saya pengguna semua ebanking permata dan alhamdulillah tidak pernah bermasalah, memang prosedurnya rada bertele tele tapi demi keamanan gak pa pa dong.. dari pada proses cepat tapi rekening tidak aman kan? saya pernah kebobolan dengan Bank lain untuk masalah kartu ATM dan Kartu Kredit) Sebenarnya setiap bank pasti memiliki sistem komplain buat nasabahnya. Kalau dipermata yang saya tahu pada saat nasabah komplain, CS akan input disistem kemudian kita akan diberikan no pengaduan dan berisi tanggal penyelesaian kommplain tersebut.
    FYI.. saya juga dulu menggunakan HP jadul tapi masih bisa menggunakan sms banking permata.. mungkin sekarang jaman sudah canggih kayaknya jarang banget yang masih menggunakan HP jadul.. cheerssss...

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  53. kwkww.. banyak masalah juga ya.. gmn skrg pak? tahuun 2014.. masih mslh aja? saya mau daftar nih ke permata..

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  56. SEMUA TERGANTUNG PEMAHAMAN DARI KAWAN KAWAN.. MAAF

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun waktu registrasi awal cukup lama dan kelihatan ribet, tapi menurut saya itu untuk secured jadi sah sah aja

      Delete
  59. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  61. Gaak dapat kode verifikasi buat lanjutin registrasi..
    Shhiitttt,,,,

    ReplyDelete
  62. Bisa jadi anda termasuk emosionalistik (halah) dan ga sabaran (inget orng sabar disayang pacar #ups...)
    Karena saya sudah setahun pakai permata biasa2 aja tuh. Malah account bank mandiri saya tutup. Dan hanya pnya account bank permata skrng. Ga rugi, krn ga kepotong biaya admin, jd tabungan ga berkurang. Selama ini jg ga pernah bermasalah soal transfer. Waktu registrasi internet banking dan permataNet juga saya ga ngedumel. Fine2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan akhirnya nasabah bank permata kebobolan

      Delete
  63. Blogger, dan netters,

    Mohon untuk membatasi konteks hanya pada layanan permata net saja,
    Mohon maaf, posting yang tidak berhubungan dengan layanan PermataNet akan saya hide.

    Kita tidak sedang berusaha menjatuhkan atau menjelek jelekkan bank atau pihak manapun,
    kita tuliskan kemudahan / kesulitan yang benar benar kita alami. Plain and straight, mohon tidak berusaha menjelek jelekkan, atau membela bela,
    Tuliskan saja pengalaman anda tentang PermataNet.

    Mohon maaf, tulisan tulisan yang sifatnya promosional juga akan saya hide.

    salam hangat.

    ReplyDelete
  64. Ikut Berbagi Pengalaman... Dari pengalaman saya menggunakan pematanet... pengalaman selama ini tidak ada masalah.. dan kebetulan lancar-lancar saja... dan sampai saat ini respon sistem juga cukup cepat termasuk respon cs nya... pendapat saya mungkin setiap sistem ada kelebihan dan kekurangannya... tidak ada sistem yang sempurna... Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan...ini hanya ikut berbagi pengalaman saja... Terimakasih

    ReplyDelete
  65. Kalo menurut aku si malah paling enak pake bank permata dibanding bank lain. Soalnya cuma bank permata yg bisa kasih fasilitas gratis biaya administrasi bulanan, ditambah lagi gratis biaya transfer antar bank (SKB) plus gratis ambil uang di ATM bank lain (SKB) jadi sangat menguntungkan buat nasabah. Selama ini si aku ga pernah ada masalah tuh sama permatanet. Malah dulu aku registrasi sendiri di web internet banking nya permata, Alhamdulillah lancar n gampang kok, walaupun tanpa tanya2 dulu ke bank, yg penting ikuti petunjuk aja. Dan selama ini aku transaksi pake permata net jg aman2 aja kok, ga pernah ada masalah. Lebih enak pake sms token si drpd download mobile token. Itu aja si pengalamanku, semoga bermanfaat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah yg paling ok disitunya gan kalo bank2 lain banyak biayanya belum lg transfer k beda bank aja 10rb sedangkan permata 7500 lumayan lh

      Delete
  66. Yg sabar gan sy si syukur gampang ko gan cuka bikin berapa menitn jd, username emang sy juga menggunakan nama sy juga si sy gatau juga kalo itu harus 8digit n hp cina hehe sepele si hp cina

    ReplyDelete
  67. Sabar gan..tapi klo saya seh gampang2 aja tuh malah pada saat register di atm di pandu sama cs nya..labcar moncer ...hp android nya buatan korea..peace ah

    ReplyDelete
  68. Bro n Sist, sy alami hal yg sgt mengganggu & tdk mengenakan dr permatamobile. Terjadi upaya hack rekening/bisa jg internal fraud mrk. Terjadi tgl 20/4/2016...sdh komplen resmi tertulis tp dicuekin. Tgl 5/5/2016 terjadi lg hal yg sama, sy komplen resmi tertulis lg. Dicuekin lagiiii. Tgl 16/5/2016 ada pertemuan dg team echannel permatamobile di kantor cab Permata Melati Mas. Mrk bicara meluberrr kemana2 diluar konteks utamanya. Dan....kesimpulannya permatamobile tdk ber tg jwb jika ada hacking krn itu sdh wajar sbg resiko para nasabahnya. Ajaiiib kan. Buat teman2 harap berhati2 jika punya permatamobile...jika blm punya, lbh baik jangan punya. Ini fakta. Jika merasa berita kasus ini hoax...silahkan crosscheck lsg dg kepala Cab Permata Melati Mas Serpong (pak Demmy Yolesar). Thx...semoga teman2 tdk mengalami hal spt sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Baliqu

      SAya mencoba berbagi cerita terkait permata mobile yang saya miliki. AKun permata saya ada yang coba login tapi ini bukan saya sebanyak 2x sehingga saya melaporkan hal ini kepada permata care. lalu mereka memberi solusi untuk menghapus akun permata saya dengan akibat semua history transaksi saya hilang.

      Apakah ini solusi yang tepat untuk akun saya ?

      Delete
    2. SOLUSI :
      1). Buat komplen tertulis resmi ke Permatamobile, jika perlu di CC ke OJK
      2). Jika tidak ada tanggapan, bis langsung laporkan ke OJK & BI dengan lampirkan bukti2nya
      3). Jika tidak berhasil juga, lebih baik TUTUP REKENING daripada dapat kasus serupa lagi atau dengan modus baru (internal fraud).
      4). Share ke teman2/nasabah lain agar terhindar dari kasus yang bpk alami atau seperti yang saya alami juga.
      Tks

      Delete
    3. Dear Unknown.
      Terima kasih untuk solusinya
      akan saya coba untuk menerapkannya

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. ohh jado gitu .. registrasi permata e banking cuma bisa lewat bb atau hp java -_- pantesan aja di android gabisa bisaa payahh :v bener kalo bukan payroll udh ane tutup pffftt :v

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  72. ini pakai IPhone terbaru aja gagal register mobile token,dah abis pulsa banyak gagal melulu. payah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone masih belom support untuk mobile token, saya udh tanya ke customer servicenya. gak tau deh kapan bisa dipake untuk para pengguna iPhone. ane juga nungguin :D

      Delete
  73. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  74. Barusan aplikasi permata mobile terblokir krn salah password. Udh menghubungi permata tel percuma ya...haha verifikasi ulang data, nomor kartu atm oke lah, nomor ktp, alamat surat menyurat yg di tulis ketika awal pembukaan account di permata bank..(btw mana gw inget udh bertahun2 lalu) trs si mbak cs di tlp bilang, mhn maaf bisa menghubungi permata tel lagi nanti atau datang langsung ke permata bank terdekat utk reset password, krn data pelanggan tdk bisa di buka (terkait jawaban sy utk alamat surat menyurat ternyata berbeda dgn alamat yg tertera di aplikasi awal buka rekening... Fiiiewwwhhh!!!) ya kali kl cabang permata dimana2 ada yaa...susah beudhhh! Dan si mbak blg ga bs hapus aplikasi dan reinstall lg, hrs melalui permata tel which is smua verifikasi data kudu sama baru bisa reset password via email, dan kl lupa dgn data2 yg pernah qt isi dlu, mau ga mau hrs datang ke bank permata. Wtf..repot nian :(

    ReplyDelete
  75. bah reset password ribet amat di permata, ada CS yg ga ramah pula

    ReplyDelete
  76. Server pulsa murah permata pulsa situs resmi permatapulsaku.com. Pendaftaran gratis dengan cara ketik PP#Nama Anda#Kota kemudian kirim ke sms center transaksi.

    ReplyDelete
  77. Token nya mestinya di gratisin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau isi pulsa hp sendiri lewat net banking. krn utk trnasaksi hrs konfirm pake sms token, jadi harus ada pulsa minimum di hp sendiri. Kalo pulsa hp dibawah minimum maka konfirmasi sms token gak bisa dikirim ke hp kita.
      lha gimana cara ngisi pulsanya kalo pulsa hp kita udah abis.

      Delete
  78. Token nya mestinya di gratisin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebayang gak gimana cara ngisi pulsa sendiri kalo pulsa nya udah abis

      Delete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. 2017 jan 25 , sampai detik ini permata mengecewakan, password history remember terussss, dan tidak bisa di gunakan kembali walau udah 1 tahun lebih. emangnya passwordnya buat koleksi orang IT permata??? atau buat??? hmhmmmhmhhh nakal2an? , dan barusan 1 kali salah langsung blokir . hadeuhhhh

    ReplyDelete
  81. Nelpon ke Permata 1500111 mengecewakan, orangnya seperti males2an, sering salah ketik, tidak aa follow up, ngabisin pulsa aja...

    ReplyDelete
  82. Kami adalah tim carding profesional dengan cincin besar di seluruh dunia. Dengan lebih dari 2 juta ATM yang terinfeksi malware dan skimmer kami, kami dapat mengambil data kartu bank yang mencakup track 1 dan track 2 dengan pin kartu. Kami pada gilirannya mengkloning kartu ini dengan menggunakan data grabbed menjadi kartu ATM nyata yang bisa digunakan untuk menarik diri di ATM atau menggeseknya di toko dan POS. Kami menjual kartu ini kepada semua pelanggan dan pembeli yang berminat di seluruh dunia, kartu tersebut memiliki batas penarikan harian sebesar $ 2500 di ATM dan batas pengeluaran hingga $ 50.000 di toko.
    Pesan sekarang: Hubungi kami: atmhacker43@gmail.com, whatsApp: +2349034128196

    Berikut daftar harga kami untuk KARTU ATM:
    NERACA: HARGA
    $ 10.000: $ 500
    $ 20.000: $ 1000
    $ 35.000: $ 1700
    $ 50.000: $ 2500
    $ 100.000: $ 5000

    Harga sudah termasuk ongkos kirim dan ongkos kirim, pesan sekarang: Hubungi kami; atmhacker43@gmail.com whatsApp: +2349034128196

    ReplyDelete
  83. Apakah Anda mencari pemberi pinjaman swasta? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah kamu memiliki kredit buruk? Apakah bank anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan.
    Saya adalah investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman real estat, pinjaman kombinasi, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial dan Tidak ada penipuan, banyak lagi.

    Tidak ada permainan, bisnis saja
    Jumlah Pinjaman: Minimal $ 1.000 sampai jumlah pinjaman maksimum $ 50.000.000,00 Dan nilai mata uang lainnya
    Suku bunga pinjaman: 2%
    Area pinjaman: seluruh dunia
    Durasi maksimal: sampai 25 tahun
    Tidak ada penalti prabayar

    Pendanaan segera setelah dokumentasi dan persetujuan yang tepat.
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui pesan melalui email pribadi kami di gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  84. Selamat hari semua orang,

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman jangka panjang dan jangka pendek kepada badan-badan perusahaan dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk meningkatkan bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, di bagian manapun di dunia Ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, fasilitas dijamin, Mari kita memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut di bawah ini.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang

    DOLLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

    ReplyDelete
  85. Kartu buat payrol doank,selebihnya ATM utama BCA donk..tarik duit semua pindahin ke BCA..So simple!!

    ReplyDelete
  86. Aplikasi Koyok ngono yooo iso riliss JIAAAANNNNCOOOOKKKK

    ReplyDelete
  87. Saya transaksi TF di atm bersama ,kirim antar bank biasanya dapat sms bahwa sudah melakukan TF ke No rek dan ats nama penerima nya ,tp kali ini ga dapat sms nya itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
  88. Berita baik!
    Nama saya Mitu Maria, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberikan nasihat yang konkrit kepada semua yang mencari pinjaman untuk berhati-hati kerana internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya memerlukan pinjaman, kerana kewangan saya Keadaan ini tidak baik dan saya terdesak, saya jatuh ke tangan peminjam palsu, dari Arab Saudi dan Singapura. Saya hampir mati, sehingga seorang kawan saya memberitahu saya seorang pemberi pinjaman yang sangat dipercayai bernama Ibu. Ivana, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebanyak RM85,000 dalam tempoh 48 jam dengan kadar faedah 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya dalam akaun bank saya selepas Puan Ivana Pedro memindahkan pinjaman saya, apabila saya menyemak baki akaun bank saya, saya mendapati jumlah yang saya memohon telah dikreditkan ke akaun bank saya

    Oleh itu untuk kerja-kerja yang baik, Mrs.Ivana telah melakukan dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberitahu dan berkongsi kesaksian saya mengenai Puan Ivana, supaya rakyat Malaysia dan seluruh Asia boleh mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman, sila hubungi Puan Ivana Pedro melalui e-mel: (ivanapedro85@gmail.com)

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya (mitumaria47@gmail.com) dan Puan Kim Wani yang memperkenalkan saya dan memberitahu saya mengenai Puan Ivana, dia juga menerima pinjaman daripada Puan Ivana Pedro. Anda juga boleh menghubunginya melalui e-mel: (kimwani305@gmail.com) Sekarang, saya adalah pemilik bangga perniagaan yang baik dan besar. Semoga ALLAH terus memberkati Ibu Ivana untuk kerja yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete
  89. Halo,
    Adakah anda sedang mencari pinjaman asli? adakah anda berhutang dan memerlukan wang untuk membayar bil anda, adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk memulakan perniagaan baru atau meningkatkan perniagaan anda? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk membeli kereta atau rumah? adakah anda mempunyai projek yang belum selesai di hujung jari anda disebabkan oleh pembiayaan yang tidak mencukupi? Adakah anda mempunyai skor kredit yang rendah dan anda sukar mendapatkan perkhidmatan modal daripada bank tempatan dan institusi kewangan lain? Adakah anda memerlukan pinjaman pelaburan untuk melabur di kawasan tertentu? pengkhususan, anda berada di tempat yang betul untuk penyelesaian pinjaman anda di sini! Kami menawarkan pelbagai jenis pinjaman kepada syarikat dan individu dengan kadar faedah 2% yang rendah dan berpatutan. Modal dan proses pinjaman kami adalah selamat, tulen dan 100% dijamin dan terjamin. Berminat sila hubungi saya melalui e-mel; (helenwilson719@gmail.com)

    E-mel: helenwilson719@gmail.com

    ReplyDelete
  90. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  91. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..