Search This Blog

Loading...

Friday, March 25, 2011

Perjalanan dari Surabaya ke Bandung dengan Kereta Api

Jika anda ingin bepergian dari Bandung - Surabaya atau Surabaya - Bandung dengan menyenangkan, relatif murah (dibanding pesawat) dan memiliki sedikit unsur petualangan, cobalah bepergian dengan menggunakan kereta.
Saya ingin sharing tentang perjalanan saya menggunakan kereta api eksekutif Turangga Surabaya-Bandung tgl 10 Mar 2011 yang lalu.

Overal, perjalanan ini cukup menyenangkan, kecuali memang saya agak kesulitan tidur selama perjalanan.
Sebenarnya sangat nyaman untuk tidur, semua penumpang diberi selimut dan bantal (bisa nambah). Namun AC (air conditioner) di gerbong super duper dingin dan tidak bisa dinaik/turunkan membuat anda dipastikan akan menggigil. Saya termasuk yang salah kostum dengan tidak memakai celana panjang dan jacket.

Selama perjalanan ada 2 film DVD yang ditayangkan lewat TV 42" di gerbong bagian depan. Jelas, penumpang di bagian belakang akan kesulitan untuk melihat TV. Film yang ditayangkan kala itu Narnia I dan Shrek II. Huhuhuhu.... masih inget bow.....
Suka gak suka musti dipaksain suka deh....
Selain itu selama perjalanan dinas pariwisata setempat (yang dilewati oleh KA) akan menayangkan program promosi wisata daerah masing-masing. Jawa Tengah akan menayangkan bandara Adi Sumarmo Solo dan Bandara A Yani Semarang, Batik, Borobudur, beberapa makanan khas Solo, dst.

Setiap kali kereta akan tiba di stasiun tertentu, akan ada tulisan berjalan di TV untuk mengingatkan supaya penumpang bisa bersiap-siap. Salut untuk pt. KAI yang sudah membenahi management dan servisnya. Sayang baru kereta api kelas eksekutif yang mendapatkan standarisasi pelayanan seperti ini.
Harga ticket Turangga kelas eksekutif yang saya bayar adalah 240.000 rupiah. Jika saya berangkat weekend (Jumat, Sabtu, Minggu) ada kenaikan menjadi 260 sampai 280 ribu. Ticket kelas eksekutif bisa dipesan dan dibeli maksimum 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Saya usulkan untuk minta kursi terdepan, supaya punya ruang lowong untuk kaki, dekat dengan toilet, pintu keluar dan tentu saja si TV...

Selain KA eksekutif, anda bisa memilih kelas bisnis dan ekonomi. Kelas bisnis tidak ada AC, hanya kipas angin dan tempat duduk panjang isi 3. Harga ticket sekitar 150.000 rupiah juga bisa dipesan dimuka.

Satu lagi hal yang baik adalah ka eksekutif sangat tepat waktu.
Jadwal perjalanan KA Turangga Surabaya-Bandung adalah jam 18:00 dan rencana tiba 06:14.
Kereta api sudah tiba di stasiun Gubeng jam 17:30. Sehingga penumpang memiliki waktu yang cukup lama untuk menaikkan barang. KA Turangga berhenti sekitar 5menit di stasiun2 besar seperti Madiun, Solo, Jogja dll, dan hanya sekitar 1-2menit di stasiun2 yang kecil.
Jadwal keberangkatan dan kedatangan Kereta Api selengkapnya di website resmi pt KAI.
Bisa juga disini.

Tepat pk 18:00 anda berangkat dari st. Gubeng-Surabaya dan tiba di stasiun2 kecil seperti Mojokerto (18:30an), Kertosono (19:00an) dst.
Jam 19:45an anda sudah tiba di Madiun. Lokasi yang baik untuk membeli makan malam hehehe...
Pedagang asongan tidak diijinkan masuk ke gerbong KA eksekutif, mereka hanya berteriak-teriak lewat pintu gerbong yang terbuka.
So, jika anda punya waktu 5 menit di stasiun besar, segera berlari dan mencari warung2 di sepanjang peron.
Saya merekomendasikan anda mencoba nasi pecel madiun di stasiun Madiun ini, murah, hanya 4.000 - 5.000 an sudah dengan telur dadar. Hehehe.....
Stasiun Solo Balapan (22:00an) dan Jogja (23:00an) juga bisa jadi tempat cari makan yang enak, hanya saja mungkin waktunya akan terlalu malam.
Tapi saya jadi terinspirasi, jika kita ingin ke Jogja dan bermalam di sekitar Malioboro, maka sangat nyaman menggunakan kereta api Surabaya-Jogja.

Jam 04:00 pagi tepat anda akan tiba di Tasikmalaya. dan jam 06:15 anda tiba di st. Bandung.
Keuntungan naik kereta api malam memang anda bisa bangun pagi hari dan langsung beraktifitas di kota tujuan anda.
Sangat convenience naik kereta api ke Bandung karena mudah menemukan taxi dan angkot, tepat di depan stasiun kereta api. Berbagai macam angkot dengan berbagai macam tujuan lewat disitu.

Saya lanjutin laporan nya kalau saya balik ke Surabaya lagi oke ? :)

cheers up....

6 comments:

  1. Wah, sipp infonya. saya juga mau ada rencana ke bandung. tapi emang dasarny belum pernah, jadi perlu tuntunan nih. alhamdulillah, artikelnya sangat membantu.
    Wah, saya ini ga kuat AC, lak bisa katuk'en di gerbong nih..hehehe

    ReplyDelete
  2. Semoga selamat dan senang di perjalanan... :).
    Paling enak kalau pergi berduaan, dingin... hahaha... :D

    ReplyDelete
  3. Hai rizal,aq Ada send email to you. Please check and reply immediately. Thanks a lot...

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola... sudah tidak... :D. Sudah balik Surabaya

      Delete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..