Search This Blog

Monday, October 18, 2010

Coral Types in their Scientific Names #1


Saya sering mengalami kesulitan menjelaskan pada teman-teman diving apa yang saya temui selama diving.
Itu lho... coral yang seperti gorgonian... atau... itu lho... coral yang seperti singkong bakar.... :D dst...
Masih untung kalau saya sempat memfotonya, namun sebenarnya banyak yang terlewatkan dan tidak bisa diceritakan daripada yang dapat diabadikan melalui kamera.

Karena itu selain mencoba membedakan satu spesies dari yang lain, saya juga ingin mencoba menghafalkan nama 'resmi' atau nama scientific dari coral dan ikan laut.
Dan kelihatannya cara termudah untuk mengingat (dan juga membagi-bagikannya) adalah dengan merangkumnya dalam satu tulisan. Dengan menulis dan mencari data saya berharap lebih mudah mengingat dan mengidentifikasi coral selama penyelaman.
Saya harap halaman ini juga dapat membantu anda mengidentifikasi coral yang anda temui selama penyelaman anda.

Bagaimana format penulisan Scientific Name ?
Tentang Binomial Nomenclature dari wikipedia.


Sea Squirt - Tunicate

Salah satu hewan paling sering kita jumpai adalah Tunicate, kecil, berwarna cerah dan lembut bergoyang jika terkena arus arus.... berikut adalah gambar-gambar Tunicate yang akan sering dijumpai selama penyelaman :

Tunicate, Blue Bell


Potongan melintang Tunicate dan bagian-bagian di dalamnya :

Tunicate, Komodo











Fire Coral - Millepora

Salah satu hal yang selalu diingatkan untuk dijauhi oleh para instruktur selam adalah koral api atau fire coral.
Wikipedia menulis, bahwa fire coral lebih tepat disejajarkan dengan hewan (seperti ubur-ubur atau bulu babi) yang memiliki sengat. Perhatikan sengat-sengat kecil yang menempel di millepora ini.

Fire Coral - Millepora
Fire Coral, Plate type


Jewel Coral - Porites

Ada beberapa istilah yang banyak dipakai : Finger Porites (Jewel Finger), Head Porites (Jewel Stone), Asteroids, Lobata (lobe), Colonensis (Cabbage ?).
Porites, Head

Yang seperti ini tidak sulit dijumpai di laut, so, mulai sekarang saya tidak hanya menyebut 'coral' saja, tapi sudah bisa menyebut 'Head porites' untuk coral jenis ini... hehehehe...
Berikut beberapa model porites yang lain, beberapa bisa berukuran besar dan dome-shaped :

Porites, Lobata (Lobe Coral)

Porites, Colonensis

Colonensis yang besar, saya ingat sekali saya temui di dekat Hoga Island, near Hoga Channel, Wakatobi.
Sangat indah dan besar, berputar melingkar sampai diameter sekitar 3m.



Star Coral - Montrastea

Montastrea faveolata


Star Coral


Brain Coral - Diploria

Satu Family dengan Star Coral (Montastrea), Brain Coral (Diploria) masuk dalam Family Faviidae.
Brain Coral pattern



Sun Coral - Tubastrea

Salah satu jenis coral yang wajib dihafalkan karena akan banyak dijumpai !
Nama bisa menipu, coral ini tidak suka berada di daerah yang terekspose sinar matahari, tidak berfotosintesis, dan biasanya terdapat di bagian bawah coral atau cekungan. Pertama kali saya terkesan dengan Tubastrea adalah ketika dive di Pulau Hoga (Dive Spot : Bola 2) (Wakatobi). Dari 90menit nite dive, sekitar 45 menit kita menemukan Tubastrea sepanjang perjalanan, di kedalaman 10 - 15m. Saya ingat kita berusaha 'memberi makan' Tubastrea dengan mendekatkan senter supaya 'lalat laut' (saya tidak tau apa namanya karena suaranya yang bising, suka masuk ke telinga dan ada yang nyangkut di masker saya) yang suka cahaya itu bisa ditangkap oleh Tubastrea.
Tubastrea memang mulai 'makan' ketika tidak ada cahaya dengan menggerak-gerakkan tentacle nya.

Sun Coral - Tubastrea

Tubastrea coccinea


Jika anda mencoba seach Tubastrea di internet, cobalah masuk ke bagian nano reef atau pembiakan akuarium dan anda akan menemukan bahwa memberi makan Tubastrea bukan hal yang mudah hehehehe... kadang perlu dibikin semacam 'tudung' supaya 'daging' yang kita masukkan tidak dimakan oleh ikan-ikan yang lain.



Pillar Coral - Dendrogyra




Sponge - Porifera

Sponge, ternyata adalah hewan. yang hidup dengan cara menangkap makanan dan oksigen dari air laut yang mengalir melalui pori-porinya. Lebih jauh tentang Porifera dari mbah Wiki....
Bahkan Tunicate (Sea Squirt) pun bisa dikategorikan dalam sponge.

Tube Sponge (Callyspongia Vaginalis)











Vase Sponge (Ircinia Campana)










Tree Sponge (Haliclona Compressa)
Barrel Sponge Coral




Mushroom Coral 




Encrusting Coral
Coral yang mengerak, menutupi permukaan batu.



Gorgonian Coral





Eunicella Singularis, White Gorgonian
Paramunicea Clavata, Red Gorgonian





Yellow Brush Gorgonian




Bubble Coral - Plerogyra





Sea Whip - Muricea






































Kenya Tree Coral - Capnelia






























Cauliflower Coral - Carnation Coral - Dendronephthya





Waving Hand Coral - Anthelia



Pulse Coral - Xenia

Jika anda melihat koral yang 'berdenyut-denyut', seakan sedang makan atau menari, anda sedang menemukan kumpulan pulse coral :). Saya merasa agak sulit membedakan Waving Hand dan Pulse, semoga someday lebih mahir :P.





























Tree Coral - Lemnalia

Saya merasa kesulitan membedakan Lemnalia dan Carnation / Dendronephthya :)




Broccoli Coral 









































Cabbage Coral - Lobophytum crassum

Bentuknya seperti kubis, namun yang ini tipenya soft coral - leather coral, bukan hard coral.


























Flowerpot Coral - Goniopora

















Anemone
Blue Carpet Anemone














Red Carpet Anemone
































Purple Base Anemone

Extraordinarily beautiful, this is one type of anemone
that could  change shape during night time
as home for anemone fishes and shrimps

























TTTTTTTT

3 comments:

  1. aduh gambar2 poriferanya kok ga ada nama2 latinnya ya? sayang bgt nih

    ReplyDelete
  2. Boleh kok ditambahin :), mengingat saya tidak punya background ilmu kelautan, saya hanya berani mengutip dan mencomot sana sini untuk bahan pustaka saya...
    silahkan kirimkan info ke rizalchr@gmail.com dan saya akan tambahkan dengan gratitude untuk anda...

    Salam,
    Rizal

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali bagi saya yg sedang riset ttg terumbu karang

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..