Search This Blog

Sunday, January 24, 2016

Strategi dan Taktik Main COC (Clash of Clans)

End of 2015,

Saya punya waktu luang untuk start main COC (Clash of Clans, setelah sebelumnya di kenalkan main Hay Day, bosen dan pindah ke COC :D).
Setelah +/- 2 bulan akhirnya kepingin nulis strategi, tips, dan summary saat main COC.
Kenapa kepingin nulis ? pertama karena ingin sharing, banyak pemain COC orang Indo tapi gak punya waktu atau gak bisa browsing taktik main COC yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris.

Kedua karena ingin punya catatan, pengen merangkum info2 COC ini untuk dijadikan catatan pribadi buat kepentingan sendiri, sambil browsing strategi2 baru yang mungkin bisa kepakai :D.



So here we go....

Petunjuk bagi : PEMULA.

Bagi yang pertama kali main dan ingin tau Apa itu COC ??
COC jelas permainan dari genre strategy, membangun kota, yang dibangun dengan social networking (membentuk clan) dan perang antar clan.

Tujuan utama adalah mendapatkan Trophy sebanyak banyaknya untuk bisa masuk ke Liga teratas : Legend.
Trophy didapat setiap kali kita berhasil menyerang kota musuh, atau berhasil menahan serangan musuh.
Jadi selama permainan ini kita akan disibukkan untuk membangun pertahanan kota sekaligus membentuk pasukan untuk menyerang.
Setiap kali kita menyerang, kita bisa mendapat 0 sampai maksimal 3 bintang, jika kita tidak mendapatkan bintang sama sekali alias 0, biasa disebut sebagai "zonk".

Kita mendapatkan 1 bintang ketika berhasil menghancurkan TH (Town Hall = Pusat Kota) musuh.
Kita mendapatkan 1 bintang lagi ketika berhasil menghancurkan minimal 50% dari bangunan musuh.
Kita mendapatkan 1 bintang terakhir jika berhasil menghancurkan 100% (semua) bangunan musuh -> MUSUH DIRATAKAN !! :D.

Kita dianggap 'menang' dan mendapatkan tambahan Trophy jika kita berhasil mendapatkan paling tidak 1 bintang.
Dan kita dianggap 'kalah' dan mendapatkan pengurangan Trophy jika kita tidak berhasil mendapatkan bintang satupun alias 'Zonk'.


Cukup mudah dimengerti bukan ?



Sekarang Tentang Liga (League)

Jumlah Total Trophy kita akan menentukan Liga dimana kita akan bermain.
Liga yang paling rendah adalah Bronze, dan liga tertinggi (Game Update 1 July 2015) adalah Legend.
























Catatan : Sebelum kita bisa mendapatkan minimal 400 Trophy, kita tidak ditempatkan di liga manapun (tidak punya liga). Berikut adalah Tabel Liga (League), Trophy dan Bonus yang kita dapatkan di setiap liga.





































Kita akan di demosi (turun liga) jika kita memiliki 100 trophy lebih rendah dari batas bawah liga tersebut, Misalnya kita ada di Liga Silver II, artinya trophy kita seharusnya berjumlah antara 1000 dan 1100.
Jika Trophy kita turun hingga dibawah 1000-100 = 900, maka otomatis kita akan diturunkan liga nya ke Silver III.

Jadi akan lebih sulit untuk turun liga dibandingkan naik liga, ada toleransi sebanyak 100 trophy sebelum liga kita diturunkan :).

Dari tabel diatas, 3 lajur paling kanan menunjukkan berapa maksimal tambahan bonus yang kita dapatkan ketika menyerang lawan.
Berapa tambahan bonus nya ? tergantung dari berapa % kerusakan yang kita lakukan terhadap lawan kita.
Kita bisa mendapatkan 100% bonus jika kita bisa menghancurkan minimal 70% bangunan lawan.
Jika kita menghancurkan kurang dari 70%, maka kita tidak akan mendapatkan bonus maksimal.

Misalnya kita berhasil menghancurkan 50% bangunan lawan, dan kita ada di liga Bronze I, maka tambahan bonus kita adalah 80% x 1300 = 1.040 gold, dan 80% x 1300 = 1.040 elixir.
Demikian cara perhitungan bonusnya. Jadi semakin banyak bangunan yang kita hancurkan, semakin banyak bonus yang diberikan di akhir penyerangan.

Catatan : Kita tidak mendapatkan bonus jika melakukan serangan balasan (revenge attack) dari serangan musuh.

Tidak ada pinalti atau bonus atau batasan berapa kali kita bisa naik atau turun liga. Jadi kita bebas menentukan sendiri akan bertarung di liga yang mana. Ini adalah hal yang penting untuk dicatat, dimana kita akan bertarung sebenarnya tergantung dari kita sendiri.

Catatan : Agar bisa turun liga, kita perlu menyerang dengan 1 saja tentara termurah, misalnya dengan Barbarian atau Archer, dan segera setelah tentara diletakkan, kita tekan tombol 'surrender' (menyerah), denngan demikian kita mendapatkan 'zonk' dan otomatis mendapatkan pengurangan trophy. Lakukan ini terus menerus maka lama lama liga anda akan turun.


Jika trophy kita dibawa 300, maka otomatis kita tidak memiliki liga, bertarung tanpa liga, dan lambang liga di samping nama kita akan kosong (menjadi berwarna abu-abu).

Catatan : banyak pemain yang kuat sengaja bertarung di liga yang rendah dengan alasan untuk mendapatkan lawan yang lebih mudah, ini biasanya dilakukan jika kita ingin mencari gold atau elixir dengan lebih mudah (disebut dengan Loot-ing atau farm-ing).




Sekarang Tentang Gold, Elixir dan Dark Elixir (DE)

'Mata Uang' yang dipakai dalam permainan COC ini ada 3, yakni Gold, Elixir dan Dark Elixir (DE).
Sebenarnya ada jenis 'mata uang' lainnya yakni Gem (permata), warna hijau. Yang hanya bisa didapatkan dari melakukan pembersihan base kita (membersihkan batu, semak, pohon), menyelesaikan misi (achievements) atau membeli dengan uang sungguhan.
Gem tidak bisa dicuri, dan sebaiknya dihemat untuk membeli pekerja tambahan atau untuk mempercepat pembangunan atau mempercepat training pasukan.
Saya tidak membahas lebih lanjut tentang Gem, kita akan membahas 3 'mata uang' lainnya :
Gold ditambang di Gold Mine (tambang emas), Elixir ditambang di Elixir Collector (pengumpul elixir), Dark Elixir ditambang di Dark Elixir Drill (Pengeboran Dark Elixir).



Gold

Dibutuhkan untuk Meng-upgrade bangunan yang bersifat pertahanan semisal tembok (wall), wizzard tower, atau archer tower dll.
Kemudian juga digunakan untuk mencari lawan di multiplayer battle.
Catatan : gold yang diperlukan untuk mencari lawan tergantung level TH kita, semakin tinggi level TH, semakin banyak gold yang diperlukan untuk mencari lawan.

Biaya untuk mencari Lawan di Multiplayer Clash of Clan



Elixir (warna ungu)

Dibutuhkan untuk Meng-upgrade bangunan yang bersifat menambang / mencari gold / elixir atau DE termasuk tempat penyimpanannya (Collector) dan bangunan yang menghasilkan tentara.
Termasuk disini Town Hall (TH), Clan Castle (CC), Barrack, Laboratory dll.
Dan juga untuk membuat / mentraining pasukan dan sebagai amunisi X-Bow (baru didapat di TH 9).
Dan untuk membuat Spell (mantra) di Spell Factory.



Dark Elixir (warna hitam)

Dibutuhkan untuk mengupgrade dan mempersenjatai hero dan pasukan dari Dark Barrack.
Termasuk disini, meng upgrade Dark Spell Factory, membuat Dark Spell (Poison, Earth Quake, Haste Spell).
Dan meng upgrade 3 Hero yang kita miliki di TH 7 keatas (Barbariang King, Archer Queen dan Grand Warden).



Bedakan Level dan Kondisi Tempat Penyimpanan berdasarkan Gambar.
Perlu diketahui bahwa COC membuat cara yang mudah untuk mengetahui kekuatan lawan dan kondisi tempat penyimpanan, yakni dengan membedakan tampilannya.

Contoh cara membedakan Level TH (Town Hall) dari tampilannya.



Tempat Penyimpanan Gold dan Elixir juga punya tampilan yang berbeda untuk tiap levelnya :




Mengapa kita perlu mengenal level dari bangunan yang ada ? misalnya untuk Gold Storage (tempat penyimpanan Gold), kita bisa memperkirakan jumlah gold yang disimpan berdasarkan level nya. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak Gold yang mungkin disimpan. Demikian juga untuk tempat penyimpanan yang lain (Elixir dan DE).

Mengapa perlu mengenal level TH ? Selain untuk mengerti kekuatan lawan, juga untuk mengetahui seberapa banyak harta yang bisa dicuri dari lawan.
Perhatikan tabel berikut ini :




Dari tabel diatas kita bisa mengetahui bahwa level TH musuh mempengaruhi persentase dan maksimum harta yang bisa di loot.
Misalnya kita menyerang musuh yang memiliki TH 8, maka maksimal elixir yang bisa di curi adalah sebanyak 300.000, jika total seluruh elixir yang disimpan minimal 1.875.000.
Jika elixir yang dimiliki diatas 1.875.000, maka jumlah elixir yang bisa dicuri tetap maksimal 300.000.
Jika elixir yang dimiliki dibawah 1.875.000, misalnya 1.000.000 elixir, maka maksimal elixir yang bisa dicuri adalah 16% x 1.000.000 = 160.000 elixir.

Jadi level TH juga ikut menentukan banyaknya harta (Gold, Elixir, DE) yang bisa dicuri.


Sekarang anda perlu belajar membedakan tambang emas dan tambang elixir yang penuh dan yang kosong.

Gambar di sebelah kiri adalah tambang yang penuh, sedangkan gambar di sebelah kanan adalah tambang yang kosong.

Tentu saja juga ada tampilan dari tambang yang setengah atau seperempat penuh.
Anda hanya perlu berlatih saja dan lambat lauin anda akan bisa membedakan mana tambang yang banyak isinya dan yang kosong.

Bedakan juga tempat penyimpanan yang penuh dan yang kosong berikut ini :

Tempat penyimpanan Emas yang penuh
Tempat penyimpanan Emas yang kosong











Bangunan yang sedang di upgrade juga memiliki tampilan yang berbeda. Biasanya terdapat pagar dari tali dan sebelum anda menyerang ada pekerja yang sedang melakukan upgrade.



Kenali bangunan yang sedang diupgrade, terutama bangunan pertahanan, karena bangunan tersebut tidak akan berfungsi (tidak akan menembak pasukan kita).






Petunjuk bagi : Penggemar.

Yang saya maksud dengan 'Penggemar' COC, adalah para pemain yang sudah memutuskan untuk menyukai permainan ini.
Biasanya ditandai dengan level TH anda, jika anda bisa mencapai TH 3 sampai dengan TH 7 atau 8, anda bisa digolongkan sebagai 'Penggemar', karena dibutuhkan niat, waktu dan kedisiplinan yang cukup banyak untuk bisa mencapai TH 3-8.


Upgrade

Permainan ini (sama seperti permainan-permainan strategy online lainnya) sebenarnya adalah tentang bullying ! Hahaha... iya, karena pemain yang lebih kuat berusaha merampok dari pemain yang lebih lemah untuk memperkuat diri. Kemudian menekan pemain yang lemah agar tidak berani menyerang kembali...
Its all about bullying smaller / weaker player....

Karena itu, kalau kita ingin 'berhasil' bermain COC, maka yang perlu dilakukan dengan cepat adalah :
- Memperkuat diri kita.
- Bergabung dengan Clan yang kuat dan aktif yang mampu mendukung kita untuk bertahan, menyerang dan berdiskusi tentang permainan ini.

Memang salah satu motivasi saya menulis strategi main COC ini karena pengalaman pribadi, sangat sulit menemukan panduan yang tokcer untuk dengan cepat memperkuat diri.
Jarang pemain kuat yang mau share (dengan tulisan) tentang strategi yang mereka miliki.
Memang banyak yang bisa kita lihat dan kita alami, tapi cukup sulit untuk belajar hanya dari situ saja. Ada banyak hal yang tidak akan kita pahami jika tidak membaca guidance yang lebih detail.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan tambahan informasi dan memberikan inspirasi untuk bermain COC.
Silahkan share tambahan info, kritik dan usulan di bagian bawah tulisan ini....
Yuk saling sharing dan membantu pemain lain memperhebat teknik main mereka :D.


So... kembali ke laptop... salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah memperkuat diri kita,
yang tentu saja dilakukan dengan : Upgrading, baik upgrade pertahanan, upgrade army, dll.
So this game is (almost) all about Upgrading. Battle, looting, upgrading, battle, looting upgrading, demikian seterusnya.
Pemain yang bisa upgrade lebih cepat punya posisi yang lebih baik dan lebih mudah untuk semakin menjadi kuat. Pemain yang lambat akan lama menjadi korban 'keganasan' dan kecepatan player lain.



Apa yang harus di upgrade ?

Prioritas pertama adalah memperkuat pasukan untuk looting (merampok) dan pertahanan untuk menjaga nya.
Ini akan menjadi prioritas pertama kita di awal awal permainan. Dengan demikian kita punya cukup gold dan elixir untuk upgrade....

Pasukan yang biasanya digunakan untuk looting biasanya adalah :
- Kombinasi Barbarian dan Archer (barcer).
- Kombinasi Giant dan Archer (gicer). Disingkat aja biar gampang mengingat 'jurus' favorit.
- Jika anda sudah memiliki Dark Barracks, anda bisa tambahkan minions untuk mempercepat produksi tentara saat looting.

Mengapa pasukan level rendah ini banyak dipakai ? karena biaya untuk membuatnya relatif murah, berkisar 200-300 elixir untuk Archer dan 2000-3000 an untuk Giant (tergantung level tentara yang dibuat). Waktu trainingnya pun singkat sekali.
Hanya bermodal beberapa ribu elixir kita bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan ribu elixir dan gold !
Sangat cepat untuk mengumpulkan gold dan elixir, dan sangat cepat untuk training pasukan lagi.
Kita bisa membuat antrian untuk training pasukan, dan secara otomatis akan menambah pasukan kita ketika kita kembali dari perang.

Artinya kalau kita cukup pandai memilih musuh yang akan kita looting, dan cukup pandai dan hemat menggunakan pasukan kita, kita bisa melakukan looting terus menerus tanpa berhenti sampai mendapatkan jumlah yang kita perlukan.
Ingatlah untuk selalu berhitung sebelum menyerang, berapa 'modal' yang kita gunakan untuk membuat pasukan, dan berapa 'duit' yang kita dapatkan supaya tidak sampai rugi.
Sering kita mendapatkan banyak harta, tapi menghabiskan elixir lebih banyak untuk membuat pasukan dan spell. Akibatnya harta gak nambah-nambah, malah berkurang...

Setelah kita bisa mencapai TH 3, maka prioritas pertama kita harus bergeser untuk membuat Laboratory untuk meng upgrade level pasukan favorit kita di Laboratory.
Mengapa Laboratory jadi prioritas ?
Karena kita hanya bisa memiliki 1 laboratory dan biasanya antrian upgrade paling lama adalah antrian upgrade di laboratory.
Seringkali kita harus menunggu upgrade laboratory, padahal bangunan dan TH kita sudah tinggi levelnya. Jadi karena waktu yang diperlukan untuk upgrade di laboratory paling lama, maka jika tidak diprioritaskan, akan menjadi penghambat kecepatan upgrade kita secara keseluruhan.



Tentang Looting (Mencuri) baik Gold, Elixir maupun Dark Elixir.

1. Harus bisa mengamankan jarahan, karena kalau tidak bisa mengamankan, maka loot kita bisa dicuri kembali dan hasil kerja keras kita musnah dengan percuma. Jadi perkuat defense, wall, archer, canon, dll agar menyulitkan atau membuat musuh enggan mencuri dari base kita.

2. Dari pengalaman saya, looting sebaiknya dilakukan antara liga Bronze - Silver, Looting di Liga Gold atau bahkan Cristal akan jauh lebih sulit, karena lawan yang kita jumpai lebih kuat pertahanannya sehingga sulit mencuri atau kalau pun berhasil mencuri, perlu waktu lama untuk membangun pasukan kembali. Jadi usahakan menguatkan serangan (dan pertahanan) tapi turunkan liga anda hingga Silver atau Bronze saja. Looting di liga bawah atau bahkan dibawah Bronze biasanya memakan waktu lama, karena harta yang dimiliki musuh di liga bawah biasanya tidak sebanyak musuh di liga atas.


3. Sesuaikan looting dengan kebutuhan kita, apa yang ingin kita upgrade, apakah kita membutuhkan Gold, Elixir atau Dark Elixir (DE).

4. Usahakan tidak menyisakan banyak harta ketika kita offline. Musuh hanya bisa mencuri dari kita ketika kita offline. Jadi usahakan harta yang kita tinggalkan ketika offline tidak terlalu banyak yang bisa memancing musuh yang kuat untuk melakukan looting.

Tips : Agar tidak menyisakan banyak harta, saya biasanya menyisakan 1 atau 2 pekerja ketika looting, dan berhenti looting ketika sudah berhasil mendapatkan harta sesuai keinginan kita.

Misalnya kita ingin meng upgrade Archer Tower ke Lvl 5, kita membutuhkan 80.000 gold dan tidak membutuhkan elixir sama sekali.
Jadi kumpulkan gold hingga lebih dari 80.000, misalnya ke 90.000, kemudian Upgrade Archer Tower, sehingga kita hanya menyisakan sedikit Gold (10.000) saja, baru kemudian kita bisa meninggalkan game (offline). Menyisakan terlalu banyak harta bisa membuat musuh ingin menyerang base kita, dan menyisakan terlalu sedikit gold bisa membuat kita kesulitan menyerang ketika kita kembali online.

Bagaimana dengan elixir yang kita kumpulkan ? karena agak sulit untuk memilih hanya melakukan looting gold atau elixir saja. Sehingga biasanya kita akan mendapatkan gold dan elixir dalam jumlah yang tidak bisa terlalu kita atur.

Jika kita akan offline dan elixir yang tersisa kita anggap terlalu banyak, lakukan upgrade pada building lain yang membutuhkan elixir, ini lah sebabnya saya berusaha menyisakan 2 orang pekerja yang menganggur ketika melakukan looting. Tujuannya agar sisa harta, baik Gold, Elixir maupun DE tidak terlalu banyak ketika offline nanti.


5. Hitung berapa 'modal' looting dan berapa hasil yang bisa kita dapatkan.

Calculator untuk Produksi Tentara : http://clashofclans.wikia.com/wiki/Unit_Calculators

Setiap kali looting, kita pastinya mengharapkan mendapatkan 'untung'.
Karenanya kita perlu memperkirakan berapa banyak modal (tentara) yang akan diturunkan.
Ingat bahwa tentara yang sudah diturunkan tidak dapat dipakai kembali untuk next war (harus produksi lagi).

Ada 4 point penting disini :
- Lihat berapa banyak harta (Gold, Elixir, DE) yang dimiliki lawan. Jangan looting ke musuh yang tidak memiliki banyak harta. Nanti jadinya bisa cuman buang-buang modal dan waktu saja...
Untuk melihat berapa banyak harta, lihat pojok kiri atas monitor anda saat menyerang, disitu tertulis berapa banyak Gold, Elixir dan DE yang bisa anda curi.

Contoh, keterangan dimana anda bisa mencuri maksimal 191.005 gold dan 106.951 Elixir.


- Lihat dimana harta tersebut disimpan.

Ini mungkin adalah hal yang terpenting yang harus dipikirkan saat looting.
Bedakan mana bangunan yang penuh dan mana yang kosong, dari sini anda bisa tau mana bangunan yang harus diserang. Tentu saja anda harus memprioritaskan menyerang bangunan yang penuh.
Jangan berusaha untuk mengambil semua resources, selalu ingat bahwa resources yang ada jauh di dalam base akan jauh lebih sulit dicuri dan mungkin akan menurunkan efisiensi dan membuat anda harus menunggu membuat tentara lagi.

dengan TH9, saya menargetkan bisa mendapatkan sekitar 1juta resources per jam saat looting.
Artinya dalam 1 jam saya bisa mendapatkan 1j gold dan 1j elixir, plus beberapa ribu dark elixir.
Semua bisa dilakukan kalau kita memilih tentara dan base yang tepat dan strategi penyerangan yang baik, enggak emosi.


- Pertimbangkan tingkat kesulitan untuk melakukan looting.

Lihat posisi bangunan, kadang satu bangunan yang menjadi target tersimpan jauh didalam base, kadang dilindungi oleh banyak pertahanan.
Lihat berapa banyak pertahanan yang harus anda kalahkan, dan juga level bangunan dari pertahanan tersebut.
Intinya, perhitungkan berapa banyak tentara yang harus anda korbankan untuk memperoleh harta tersebut. Jangan sampai terburu nafsu dalam menyerang, agar tidak sampai rugi.
Selalu ingat bahwa looting tujuannya untuk ngerampok, jadi harus UNTUNG, jangan sampai emosi ingin ngeratain tapi hasil akhirnya malah RUGI.


- Terakhir, jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan...
Jika anda membutuhkan Gold, konsentrasi ke Gold jangan yang lain...
Kalau butuh dark Elixir, ya konsen aja ke dark Elixir, kalau enggak alamat entar yang nambah bukan seperti yang kita inginkan.
Kecuali... kecuali kalau kita udah TH9, disini keuntungannya main di TH9 ke atas....
Kita punya kesempatan untuk menggunakan Gold dan Elixir untuk untuk upgrade wall.
Butuh 1j (Gold atau Elixir) untuk upgrade dari wall level 8 ke 9, dan 3j (Gold atau Elixir) untuk upgrade wall level 9 ke 10, dst.
Jadi apapun resource yang kelebihan, selalu bisa kita salurkan menjadi wall.


 7. Perhitungkan juga waktu yang anda perlukan.
Gunakan variasi tentara yang tepat, barbarian, archer, giant, goblin atau minions yang cukup cepat untuk dibuat sehingga anda tidak terlalu lama menunggu. Dan pilih base yang tepat untuk looting, jangan hanya tergiur pada harta yang banyak saja, tapi pertimbangkan kesulitan untuk mendapatkannya.
Sebaiknya jangan melakukan 'swarming', mengeluarkan semua tentara looting anda, kecuali target anda benar2 bernilai, karena akan butuh waktu agak lama untuk membangun tentara lagi.
Kalau terlalu lama menunggu membuat tentara, artinya mengurangi perolehan looting anda setiap jam anda bermain.




Membangun Base
Ada 2 jenis base yang perlu kita bangun, pertama Home Base dan kedua War Base.
2 Base ini perlu dipikirkan matang2 pembuatannya karena ada beda strategi saat membuat keduanya.
Kenapa berbeda ?
Karena musuh akan menyerang Home Base biasanya adalah untuk looting, dan menyerang War Base dengan tujuan utama untuk meratakan alias dapat 3 bintang.
Karena tujuan menyerangnya berbeda, maka hampir semua player membedakan tentara yang dibawa untuk looting dan untuk war.
Karena tentara yang digunakan berbeda, maka base kita juga perlu dibedakan....



Home Base
Anda bisa mencoba googling untuk menemukan banyak variasi home base, tapi beberapa ciri yang perlu dipertimbangkan :

- Lindungi TH (Town Hall).
Sebelum upgrade tanggal 10 Desember 2015 banyak player sengaja menempatkan TH nya di luar dinding, agar mudah diserang. Alasannya karena jika TH hancur, kita bisa mendapatkan 12 jam shield (tidak bisa diserang selama 12 jam), tentu saja menjadi pilihan yang jauh lebih baik dibanding dirampok (diratakan) total, ya khan ?

Namun setelah upgrade 10 Des, TH harus kita lindungi, pertama karena TH juga menyimpan resources, kedua karena TH yang hancur hanya memberikan shield 30menit saja, selain tentu saja pengurangan trophy.

Jadi... tempatkan TH di tengah base anda, tapi prioritasnya masih dibawah resources yang anda ingin jaga.

- Prioritas untuk melindungi Storage anda (Gold Storage, Elixir Storage, Dark Elixir Storage).
kemudian baru TH, dan defense anda yang berharga (Xbow, mortar, archer tower, dst).

- Tempatkan dan upgrade jebakan, bom, spring trap dll dan atur base anda supaya musuh2 lewat diatas jebakan anda.

- Belokkan tentara yang menyerang defense (giant, golem, dll) agar tidak merusak wall yang bisa membuat celah bagi barbarian dan goblin masuk. Jadi buatlah giant dan golem yang biasanya menjadi tameng untuk pergi ke samping agar defense anda bisa menyerang barbarian, goblin, archer, wizard dll yang biasanya dilindungi. Ini cara yang paling efektif untuk mematahkan serangan looting musuh.





.
.
.
.
.


Kenapa harus cepat2 ? : http://forum.supercell.net/showthread.php/974668-NEW-Guide-for-Rushing-to-TH9%21



To be continued....



1 comment:

  1. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi customer service kami di:

    * BB Pin : 55D9E147
    * Y!M : bandarlive77
    * Facebook : facebook.com/bandarlive77
    * Fanpage : facebook.com/ils.indolivescore
    * Twitter : @bandarlive77

    http://bandarlive.com
    http://bandarlive77.com
    http://bdlive77.com
    http://kimpoker.com
    http://livedomino.com
    http://indolivescore.com
    http://topikindo.com
    http://bandarlove.blogspot.com

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..