Search This Blog

Friday, July 5, 2013

Diving Reading Material : Diving during Pregnancy (Menyelam selama Kehamilan)


Saya mencoba mengumpulkan artikel dan kesimpulan2 dari penelitian untuk memberikan gambaran pengaruh dari menyelam (perubahan tekanan dan perubahan konsentrasi Nitrogen dan Oksigen dalam darah) bagi ibu yang sedang mengandung...

Setiap kali saya menemukan artikel dan kesimpulan baru, akan saya tambahkan di topik ini.

thanks for reading....

General information :
1. Tidak percobaan / penelitian yang dilakukan secara empiris terhadap wanita hamil dan keadaan janinnya(karena tentu saja tidak ada wanita yang bersedia meresiko kan anaknya). Sehingga data yang didapat basis nya adalah data 'pengakuan' (survey) dari wanita diver yang menyelam ketika mengandung, atau penelitian yang dilakukan pada hewan (dalam hal ini : tikus).
Kondisi ketika diving direplikasi dengan menggunakan recompression chamber (Hyperbaric Chamber).

Kelihatannya penelitian dengan wanita hamil tidak akan pernah terjadi, sehingga selalu ada perdebatan dan inkonsistensi data....


2. Dari data 'survey' tentang resiko kelainan bayi yang lahir dari ibu yang diving ketika mengandung tidak ditemukan perbedaan dibandingkan dengan ibu yang non diver.


3. Tikus hamil yang mengalami DCS (Decompression Sickness) yang tidak di treatment dengan benar ternyata melahirkan anak anak tikus dengan kelainan pada tengkorak dan tulang anggota tubuh lain. Resiko kelainan berkurang jika DCS di treatment dengan baik.


4. Study lain dengan PO2 (Partial Pressure Oksigen) yang lebih rendah (1.3 dibanding 1.4 dan 1.6 di studi ini) menunjukkan tidak ada perbedaan antara bayi tikus dari ibu tikus yang mengalami perlakukan hyperbaric dibandingkan dengan ibu tikus yang tidak mengalami perlakuan.
Dapat mengindikasikan Resiko cacat kehamilan seorang calon ibu yang melakukan diving di kedalaman maks 30m (normal air) masih sangat rendah.



5. Diving dapat menimbulkan 'signal yang salah' bagi proses perkembangan janin :
"It appears that hyperbaric exposure can alter the signals fetal tissues rely on to correctly orchestrate developmental processes. The nature of the abnormality is influenced by the timing of the insult. It is important to note, however, that exposure will not affect development in all instances"


Dari www.diversalertnetwork.org (PDF)



No comments:

Post a Comment

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..