Search This Blog

Monday, July 16, 2012

Diving Equipment Review : Regulator (Pembahasan Alat Selam : Regulator)

Pembahasan Alat Diving dibawah ini sengaja hanya saya tulis dalam bahasa Indonesia, karena ditujukan bagi peminat alat selam yang menggunakan bahasa Indonesia :).
Walaupun kita di Indonesia seringkali 'ketinggalan' launching produk selam, namun seyogyanya dan sesolo nya gak ketinggalan berita tentang 'what will come next'

Pembahasan Alat Selam akan saya buat continue dan berurutan sesuai waktu.


Juli 2012
Dari ScubaGearReport.com, http://www.scubagearreports.com/index.php/gear-reviews-comparative-gear-reviews/444-2012-new-reg-round-up.html

Ada beberapa produk yang menarik disini, salah satunya adalah Aeris AT600 Ion LT dan Oceanic Alpha 9.
Berturut turut direlease dengan MSRP (Manufacture Suggested Retail Price) 420 USD dan 280 USD. First stage AT 600 sudah Overbalanced Diaphragm, sedangkan Alpha 9 walaupun masih 'unbalanced' namun ditulis memiliki performance yang cukup mengejutkan dan mampu menempel performance regulator lain yang di test.

Menarik untuk dicermati bahwa Aeris dan Oceanic yang sama2 didirikan oleh Bob Hollis (yang juga mengeluarkan merk Hollis), punya segmen yang berbeda, Alpha 9 memang diarahkan di entry level dan budget sensitive diver, tidak memerlukan regulator yang balance, cukup main di maks 30-40m dan gak terlalu peduli kalau tarikan regulator sedikit berat.
AT600, diarahkan ke segmen traveller, yang memang sedang marak sekarang ini. Light weight, small size, plus sudah punya karakter yang 'Over Balanced' seperti product regulator dari ScubaPro.

Saya belum memiliki data karakter regulator AT600 ini ketika inhale / exhale dll, sehingga belum bisa dibandingkan dengan product range dari ScubaPro.

Tusa RS-790 dan Aqualung Legend LX keduanya sudah environmentally sealed, RS-790 dibundle di harga 480 US kurang lebih setara dengan AT 600.



April 2013,
Baru ketemu link untuk review regulator selam dari scubadiving.com
Menarik sekali reviewnya dan beberapa rekomendasi yang top markotop untuk Regulator dibawah 3j rupiah dengan excellent performance ! :D.


To be added later


1 comment:

  1. sip thank you beritanya, pas lagi cari reg

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..