Search This Blog

Tuesday, August 24, 2010

Persiapan sebelum Diving (Long Trip, LOB)

Jelas aja kalau acara diving terganggu karena ada equipment yang lupa dibawa atau baru ketahuan rusak ketika akan dipakai... uihhh... sebel banget...
Tentu saja perawatan penting, yang paling mudah adalah selalu memberikan vaselin / silicon untuk semua karet2 yang ada di peralatan diving kita, strap untuk fin, masker, selang-selang regulator, dll.
Ini dilakukan terutama kalau mau 'puasa' diving agak lama :D. Biar semua plastik, karet, silicon dll gak mudah kering dan jadi kerupuk.....

Kemudian, sebelum berangkat trip sebaiknya kita melakukan persiapan terakhir termasuk membawa beberapa peralatan cadangan.
Ok, langsung saja, beginilah persiapan sebelum long trip / LOB trip...

Jauh jauh hari sebelum diving (kecuali anda memang diving dengan sangat reguler sehingga tidak perlu persiapan terlalu banyak) persiapkanlah peralatan yang perlu di bawa, check kondisinya.

- Masker, kondisi strap, kaca baret-baret ?, jika perlu bawalah strap cadangan yang bisa dibeli dengan harga 30ribu an di Dive Shop.

- BCD, coba inflate (tiup dengan mulut), deflate, check dump valve atas dan bawah, persiapkan sarung tangan, pointer, fold able snorkel dll yang perlu dibawa dalam BCD (btw, saya biasa menaruh semua itu di BCD, baik sebelum maupun sesudah diving, supaya gak kelupaan dibawa).

- Regulator, ah ini dia yang sedikit ribet, check purge valve, dan juga result dari dive terakhir (ada bocor, gauge yang ngaco ?). Jika ada Regulator cadangan bawa saja regulator cadangannya, atau kalau tidak mau terlalu ribet, bawa kunci pas 10 dan beberapa o-ring.

- Dive Comp, sampai dengan tulisan ini dibuat, saya belum punya dive comp hahaha... mahal dan lagi ngincer D9 (karena ada kompas, nitrox, dan integrated air pressure :D). --> last price 8juta sudah dengan integrated air pressure hehehe... harga teman...walaupun 'murah' tapi masih belum kebeli... hikss....
Ada baiknya untuk membawa Dive Comp cadangan, kalau yang satu ngadat, abis battery nya, atau ilang seperti yang pernah dialamin temen saya...

- Fins + Booties, coba kenakan booties dan fin, kencangkan, kadang strap putus, kadang klip ada yang pecah, kadang booties bolong, gak muat (hehehehe.....padahal tahun lalu muat...).
Saya cenderung bawa 2 pasang fin, mungkin agak ribet tetapi terbukti diperlukan karena pengalaman ada temen yang fin nya hilang ketika sedang memakai BCD di atas air.
Bisa juga 2 fin ini dibagi : fin untuk berhadapan dengan arus dan fin untuk snorkling yang biasanya lebih enteng.

- Wet Suit, wajib dicoba hahahaha... ati-ati kita nggak sadar udah lebih tambun 5 kg dari dive terakhir.

- Senter (bawa cadangan, plus charger / battery), Pisau, Sarung Tangan, dive beacon / marker, stock Odol (masker cleaner / defogging) ? hehehehe...

- Obat-obatan pribadi yang perlu. Duit cash  minimal 1juta deh, buat bayar makan/porter/tips dll, karena kemungkinan besar gak ada ATM di kota lokasi diving.

- Buku, Mp3 player, headset, computer + game, dll untuk membunuh waktu bosan waktu.

- Ticket, pasport, kartu2 asuransi kesehatan, emergency contact number, Log Book, dll yang perlu dibawa untuk identitas dan emergency.



Ok, kemudian untuk kondisi tubuh.
Paling sebel kalau pas mau trip diving yang udah direncanain setahun, tiba-tiba kita sakit... flu, pilek, batuk...
aduh... ini paling sebeelll sekali deh...
So... jelaslah, sebulan sebelum long trip, jangan lupa selalu jaga kesehatan...
Minum D-redoxon, kalau bisa yang 'fortimun' (ada imun penyakitnya), 1/2 tablet aja tiap hari terutama 1 minggu sebelum berangkat dive, dan selama di lokasi diving.
Jangan olah raga yang aneh2, jangan melakukan kegiatan yang beresiko, terkilir, lutut keblinger, otot punggung kecetit bisa bikin kita batal diving lho....

Ok... demikianlah persiapan saya ketika akan long trip, next adalah teknik packingnya,

No comments:

Post a Comment

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..