Search This Blog

Thursday, August 11, 2011

Possibility vs Probability.....

Sebelum saya menjelaskan maksud saya :), saya ingin bertanya apakah anda pernah bertemu dengan kondisi-kondisi atau pernyataan-pernyataan seperti ini :

* Sebenarnya buat apa sih sekolah tinggi-tinggi ? toh yang penting adalah bisa bekerja… Lihat saja itu Liem Sioe Liong (salah satu konglomerat Indonesia jaman Soeharto), cuman lulusan SD tapi bisa kaya raya. Saya punya temen yang sekolahnya cuman SMA tapi sekarang bekerja sebagai bla bla bla…. Sekarang sudah enak dibanding saya yang sekolahnya sampai S2.

* Saya kuatir jika aturan baru itu ditetapkan, maka saya akan terkena imbasnya ketika peristiwa A, B, C, D terjadi... (padahal contoh peristiwa2 yang disebutkan itu jarang sekali terjadi atau hanya sesekali saja terjadi, sangat kasuistis, sudah ter-solve dengan baik dst).

* Gua takut ikut diving, entar kalau ketemu ikan hiu bagaimana, entar kalau tiba-tiba ada tsunami gimana ?


Mind block dari pendapat seperti diatas adalah ketidak mampuan kita untuk membedakan 'Possibility' dan 'Probability'.

Dua kata dalam bahasa Inggris ini biasanya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai : mungkin atau kemungkinan.
Terjemahan yang lebih akurat bagi saya adalah yang lazim dipakai dalam matematika : Probability diterjemahkan sebagai 'Peluang'.
Namun sayangnya kata-kata ini kurang lazim digunakan oleh kebanyakan orang. Peluang lebih berkonotasi 'kesempatan', 'chance' dari pada 'Probability'.

Perbedaan utama dari Possibility dan Probability adalah sebenarnya sebagai berikut :
Possibility, hanya memiliki 2 option, Possible or Not Possible, 1 atau 0. Sifatnya Discreet.
Probability memiliki option yang tidak terbatas, mulai dari Highly Probable, More Probable hingga Less Probable, Least Probable dll, bergerak antara 1 dan 0, continuum bukan discreet.

Bagaimana teman ? Apakah anda sekarang sudah mengerti maksud saya ? :).

Dalam mengambil keputusan, dalam berinvestasi (termasuk bersekolah, itu adalah investasi), kita berusaha mencari probability yang tertinggi untuk 'sukses', (kita berusaha meningkatkan probability kita untuk menjadi orang yang kaya dengan misalnya sekolah hingga S2).
Namun kita tidak akan pernah bisa menghilangkan possibility kegagalan.

Ketika kita merasa kuatir, yang menonjol dalam pikiran kita adalah possibility padahal seharusnya kita memperhitungkan juga probability nya.
Anda berani naik pesawat terbang (walaupun banyak berita kecelakaan pesawat terbang di koran) karena anda berpikir probability terjadinya kecelakaan pesawat terbang sangat rendah.
Coba check website ini : http://planecrashinfo.com/rates.htm

Salah satu pernyataan tentang probability kematian dalam kecelakaan pesawat :
(jika dihitung probability terjadi kecelakaan saya ada kekuatiran karena makna kata  'kecelakaan' dapat bermakna sangat luas, dari mulai pesawat tergelincir di landasan, hingga fatality crash).
"Aviation accidents are extremely rare, with the probability of a passenger being killed on a single flight at approximately eight million-to-one. If a passenger boarded a flight at random, once a day, everyday, it would statistically be over 21,000 years before he or she would be killed."

Namun jika anda berpikir possibility, maka dijamin anda tidak akan berani naik pesawat terbang, bahkan mungkin tidak berani keluar ke jalan raya, tidak berani jalan ke WC dll :).

Jika anda memiliki staff atau kolega yang selalu kuatir, selalu mempertimbangkan kemungkinan untuk gagal, jelaskan bahwa ia juga harus memperhitungkan probability atau peluang terjadinya kegagalan tersebut. Sehingga sebuah usulan yang briliant, suatu kesempatan yang menarik, suatu moment yang indah tidak sampai hilang atau rusak karena kekuatiran yang tidak pada tempatnya.

Orang yang tetap saja bertindak walaupun probability kegagalannya besar bisa kita sebut sebagai risk taker, atau over confidence, terlalu cepat mengambil keputusan dll (meskipun belum tentu demikian... :D ).

akhir kata :
Its life... know your strengths and weaknesses, calculate probability, analize possibility and make your decision !



with smile....

-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

3 comments:

  1. Xie-xie merci .artikelnya bermanfaat buat saya, semoga bisa saya bagikan lagi untuk banyak orang.

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..