Search This Blog

Monday, July 9, 2012

Trip Report : Pasir Putih, 7 Juli 2012

Apa yang dibayangkan sebagai trip yang biasa-biasa saja ternyata menjadi berkesan karena pada saat yang sama kami diving, ternyata ada kecelakaan selam yang mengakibatkan 2 perwira angkatan laut meninggal dunia.

Berita selengkapnya dapat anda search di google atau anda klik link ini. Ada video berita oleh TV One juga disana. Atau klik link ini untuk berita dari TV One.
Berita kecelakaan ini menjadi front page dari koran Jawa Pos hari minggu tanggal 8 Juli 2012.

Mbak Nadya, seorang teman fotografer, ternyata jam 09:24 tepat saat kejadian kecelakaan tersebut sempat mengambil foto dari kejauhan... berikut fotonya :
Foto kapal selam 401 Cakra berlatih di pasir putih, kerumunan orang tampak berusaha melihat kondisi
2 prajurit yang mengalami kecelakaan saat latihan submarine escape.



Saya memang merasakan banyak sekali boat lalu lalang di atas kami ketika dive 1 (sekitar jam 9).
Kebetulan kami mengambil spot yang dekat saja di dermaga - piramid, sehingga sambil pedaling dari pantai ke dive spot kami bisa melihat kesibukan di sekitar kapal selam.
Tidak terpikir hal yang aneh sampai seorang teman lokal memberitahu kalau ada yang meninggal karena 'kehabisan oksigen - terjepit ketika keluar'. Kelihatannya kehabisan oksigen mengakibatkan 2 prajurit yang akhirnya meninggal tersebut buru-buru keluar ke permukaan dan mengalami Lung Embolism (salah satu jenis terburuk dari penyakit dekompresi).

Mungkin juga diakibatkan mereka berdua (Major dan Colonel) jarang mengikuti latihan rutin, yang menyebabkan nervous dan keluar terlalu cepat ke permukaan....


Update : 22 Nov 2012
Memang sulit menemukan sumber yang valid karena pihak Angkatan Laut juga tidak memberikan statement resmi, cerita yang simpang siur di kalangan diver maupun yang ada di koran pun tidak bisa memastikan sebab kematian crew kapal selam tersebut.
Tulisan ini sekaligus untuk mengkoreksi tulisan saya di thread 'diving accident'. Rada gak nyambung sebenarnya karena yang disitu bahasa Inggris, tapi ya sudahlah yang penting udah saya koreksi.... hahahaha.

Dari 'sumber yang tidak bisa diungkapkan', :) namun kelihatannya cukup valid dan bisa dipercaya, saya dapat cerita begini :

* Kondisi yang terjadi :
- Latihan penyelamatan diri dari Kapal selam yang mendarat di atas pasir dengan jarak lubang palka (tempat keluar crew kapal selam) berada di kedalaman 7m dari permukaan air.
Rencana rescue sbb :
- 2 orang sekaligus masuk ke ruang penyelamatan, pintu ditutup, ada pakaian khusus yang kedap air, dimana diver masih bisa bernafas karena ada tabung oksigen kecil khusus yang mensupply pakaian ini.
Check thread ini untuk melihat jenis pakaian yang dikenakan.....
Diver memakai pakaian kemudian kasih isyarat dengan palu, dan crew yang ada dalam kapal selam akan membuka pintu air sehingga air memenuhi ruang kecil ini tadi.
Diver membuka lubang palka dan kemudian keluar dari kapal selam.
- 2 orang crew pertama berhasil keluar dengan selamat.
- 2 orang perwira ini memang direncanakan untuk mengikuti latihan rescue karena ada petinggi AL yang menunggu di atas kapal di permukaan untuk memberikan selamat.
Jadi supaya seremonialnya pas, jadilah sang komandan satuan kapal selam ikut serta dalam latihan rescue ini sebagai salah seorang victim.
- Kejadian sebenarnya tidak diketahui, karena team rescue yang berada di luar palka setelah menunggu agak lama (kurang lebih 5 menit) merasa aneh kenapa setelah ada isyarat (kentong palu) diver tidak segera keluar, mereka membuka pintu palka dari luar dan 2 orang diver tersebut ditemukan sudah tewas, ada informasi bahwa pakaian yang seharusnya dikenakan tidak terpakai dengan sempurna.

* Jadi kesimpulan yang diasumsikan dari fakta dan keterangan yang ada :
- Diver meninggal bukan karena dekompresi akibat terlalu cepat naik.
   1. Sudah ditemukan meninggal saat palka dibuka.
   2. Kedalaman 7m walaupun menahan napas sekalipun tidak akan mengakibatkan kematian akibat
       dekompresi.
Kemungkinan yang terjadi adalah :
- Ruang terlalu sempit untuk dipakai ber 2, standard orang 'bule' adalah 1 ruangan untuk 1 orang saja. Mungkin menganggap orang Indonesia cukup kecil, mungkin supaya sekaligus naik berdua langsung bisa salaman sama sang petinggi... maka satu lubang penyelamatan dipakai berdua.
- Suit yang dipakai memang baru dibeli, jadi ada kemungkinan sulit untuk menarik resleting sampai ke posisi yang tepat. Mungkin belum sempat latihan, mungkin ruangan terlalu sempit.
- Yang pasti crew dalam kapal selam mengaku mendengar kode untuk membuka katup air. Dan memang crew kapal selam tidak bisa melihat langsung kondisi 2 diver tersebut. Ada kemungkinan palu yang dibawa diver terjatuh saat pakaian belum terpasang menyebabkan ada bunyi 'teng' - 'teng' sehingga crew kapal selam membuka katup air. Ini yang menyebabkan kedua penyelam buru2 memakai suit dan meninggal karena drowning atau tenggelam.
- Ada kemungkinan lain dimana malfunction dari suit yang dipakai, belum sempat latihan, air bocor dan 2 diver tidak mampu membuka katup palka (yang memang harus mereka buka sendiri dari dalam). Meninggal karena drowning / tenggelam.

Demikian cerita yang saya dapet, at least saya berkesimpulan bahwa memang kecelakaan ini bukan karena prosedur penyelaman atau perlengkapan selam yang salah.... bukan juga karena dekompresi.
Ini kecelakaan karena simulasi rescue dengan pakaian dan prosedur yang sama sekali berbeda dengan prosedur penyelaman rekreasional....


anyway.... I got 2 dives that day very enjoy full dives....
dan berikut hasil2 foto selama 2 dives di piramid, pasir putih.

Got Chaaa !!
The Nudibranch I found East to Pyramid...
Cjelidonura amoena (Bergh 1905).























A Tiger Puffer fish... about 50cm long... the one we tried to photographed for quite sometime....










If you can found the small transparent shrimp
Nudi


























Kerapu...
Phyllidia ocellata

Ketemu di dekat dermaga runtuh...
Goby and her Shrimp Partner...
























Small Eel near the shore... very shy but she got all the reason to do so...
the fisherman at Pasir Putih...





I hope you Enjoy !! :D.

No comments:

Post a Comment

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..