Search This Blog

Tuesday, December 11, 2012

Trip Report, Pasir Putih & Menjangan - 8-9 Des 2012


Ceritanya ini dive pertama dengan Subsee +10 diopter, untuk adapter ke G12 saya pilih adapter type swing, merk i-das.

i-das swing adapter from Canon WP-DC 34 (G11 / G12) to M67 thread


Dengan adapter type swing, ketika wetlens sedang tidak digunakan ia bisa disibakkan ke samping seperti posisi gambar di sebelah kiri ini....

Ketika hendak dipakai, wetlens dapat diputar kembali ke tengah-tengah lensa...

Dengan demikian kita tidak perlu membawa bolak balik melepas wetlens dan tidak perlu memiliki lens holder...









Subsee +10 diopter magnifier...
Wetlens yang cukup populer dengan pembesaran yang cukup mantap...
Saya sempat berpikir apakah akan memakai +5 atau langsung +10.

Setelah ditimbang2 +5 terasa nanggung, lebih baik langsung saja ke +10 atau tidak pakai wetlens sama sekali...

+ dan - memakai wetlens, silahkan simak ulasan di bagian akhir tulisan ini...




Di trip ini saya dapet temen artis import dari Jakarta - Tasik hiehiehiehihiehie... miss Cing Cing, yang nama aslinya masih dirahasiakan... hiehiehiehie...

Kemudian welcome to the coral reef brotherhood buat Edward Rustandi (search him on facebook)...

Sayang Hani dan Yuli belum berhasil dibaptis dengan air laut hehehe... anyhow, we had a good time at Pasir Putih and then Menjangan...

8 Des, 1st and 2nd Dive @ Pasir Putih, Piramid Point and Rizal's point hahahaha...


Cing2 at Pasir Putih icon....




































Cing-Cing di Pasir Putih, Piramid point...
























Visibility yang buruk bikin kita gak banyak bikin foto di Pasir Putih, makan siang ikan bakar... nyam nyam... langsung kita tembak ke Menjangan... Sayang miss Cing Cing harus segera kembali ke Bandung... jadi kita bertiga (saya, Edward dan Pak Santoso) lanjut ke Menjangan.

Nyampe di Mimpi Resort udah jam 6 sore, langsung check in, sempet ganti kamar 2 kali karena masalah AC yang gak dingin dan minta ranjang double... :D.

Malem2 berenang di kolam air anget mantapsss... cape seharian diving dan naik mobil langsung hilang... otot-otot lemes semua uhhh... enaknya sebenarnya sama dipijitin kali ya hahaha...
Kami langsung tidur, nyiapin tenaga buat hari dive minggu...

Hari Minggu, Day 2, kita persiapan untuk 3 dives, Dive 1 langsung ambil Pos 2, the wall.... Mencoba nyari pigmy, gak ketemu, Baby shark, juga gak ketemu... agak menentang arus, udara Edward habis duluan, di 70, kita pelan-pelan naik ke 10 dan kemudian 5m buat SS.

Karena gak dapet object untuk Macro, jadinya cuman ambil foto2 wide angle....

Edward di wall pos 2.


























Cahaya asik, tapi harus pakai red filter biar
warnanya lebih keluar....
























Cabbage coral... lying beautifully...


Pak Santoso, double strobe + red filter :).


Mencoba Wide Angle... hahaha... kurang berhasil.... next time better....
























Setelah 2 dives, masih jam 1, masih ada waktu buat dive 3, sambil makan di perahu, kita berangkat ke Macro Point dekat Dishty di Teluk Terima...
Lokasi nya agak sulit dibedakan karena banyak bola penanda kerang mutiara... kita musti mencari bola yang tidak ada karang mutiara nya...

Lokasi yang cukup baik buat macro, sempat ketemu ghost pipe fish !, sayang foto yang saya hasilkan kurang bagus gak presentable...
Saya mencari 2 jenis nudie branch yang pernah saya ketemukan, tapi gak ada... so memang seperti kebanyakan lokasi macro, hewan2 nya cepat berubah...



Lion Fish besar...., close up....

Sempat memfoto ikan lucu yang lincah bermain di barrel sponge...




































Dan 2 foto dibawah ini adalah hasil wet lens +10 diopter Subsee nya... lumayan puas karena bisa mendapatkan pembesaran yang wahh, tapi juga sadar kalau focus range jadi sangat dekat dan sangat tipis (DOF tipis).
Saya perkirakan focus range paling jauh 15 cm di depan wet lens, tentu saja ikan2 yang gampang lari tidak mungkin difoto dengan wetlens ini...


Harus sangat pelan mendekati, sangat pelan exhale supaya bubble dari regulator tidak menakutkan ikan2...
Pelan2 mendekat, ikan2 ini difoto 10cm dari wetlens, untung tidak lari...
















Lagi... ikan kecil bertengger di atas soft coral... difoto dengan wetlens subsee +10.


























Satu lagi foto dengan macro wetlens, crab di dalam coral....
sedang menangkap plankton dengan jaring-jaringnya....








































See you 22nd Dec @ Pasir Putih :).....


No comments:

Post a Comment

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..