Search This Blog

Wednesday, May 23, 2012

"Bad Boy" ala Mario Teguh

Untuk memperingati hari kebangkitan Nasional (Harkitnas)...
[jadi inget 'harPITnas' : hari kecepit nasional]...
Mario Teguh, sang inspirator handal Indonesia membuat satu episode berjudul 'Bad Boy Keren' yang ditayangkan di Metro TV tgl 20 Mei 2012.

Saya tidak pernah menunggu jam tayang acara ini (Golden Ways by Mario Teguh), namun kebetulan hari itu (atau tepatnya pagi dini hari tgl 21 Mei) kebetulan saja gak bisa tidur karena sakit tenggorokan dan  sudah tidur seharian, eh, jam 3 pagi waktu browsing acara TV saya sempat terhenti di channel Metro TV untuk mendengarkan ulasan beliau....

"Bad Boy", dalam ungkapan beliau adalah pria (atau wanita) yang pantang menyerah, selalu berusaha mencari terobosan, tidak takut kalah atau bersalah. Gentlemen yang memiliki sikap sendiri, cara pandang sendiri yang unik dan mampu menyelesaikan masalah.

Berikut cuplikan acara TV 'Bad Boy Keren' dari youtube (6 different files).
Saya sengaja download dari Youtube karena materi yang dibicarakan menurut saya sangat 'dalam' dan perlu ditulis untuk dielaborasi maknanya :).

















Perenungan.....

Secara keseluruhan, saya melihat inti istilah 'Bad Boy' adalah 'ksatria' atau 'gentlemen' namun bukan yang bertipe 'cool'(kas) doang tapi yang betul betul berani beresiko namun smart dan penuh perhitungan.
Orang ini menjadi menarik justru karena dirinya tidak sama dengan orang lain, unik, ia merasa senang karena melihat keindahan dengan menjadikan dirinya menjadi bahan pembicaraan....

Selain itu, saya melihat materi ini sebenarnya adalah teknik yang handal untuk Membangun Motivasi.
Sering kita mengatakan suatu organisasi atau perusahaan 'kehilangan motivasi' kerja. Semuanya ok tapi motivasi tidak ada... ternyata apa yang dicirikan dari Bad Boy inilah kunci untuk membangun motivasi kerja karyawan :). Read on if you want to find out ! :)....

Seringkali terjadi bargain (tawar-menawar), yang mana duluan reward dulu, janji dulu ataukah inisiatif / tindakan / motivasi lebih dahulu.....
Bukan gaji, bukan iming2 kedudukan atau doktrin2 kerja keras, namun keberadaan personel yang 'bad boy' ini lah yang mampu membangun motivasi...
Ini yang saya dapat dari uraian Pak Mario Teguh.


Ciri-ciri Bad Boy :

* Bad Boy, memiliki banyak nilai positif, mampu mempengaruhi lingkungan sekitarnya, tidak menghindari masalah, tidak takut terpengaruh lingkungannya. Dia yang mengubah lingkungannya.

* Bad Boy, dengan sengaja mengabaikan hal hal yang tidak penting, mengabaikan norma dan standard. Karena konsentrasinya lurus melihat hal hal yang belum atau tidak dilihat oleh orang lain.

* Bad Boy, suka dan berani berbeda, tidak takut penilaian orang lain, suka menjadi leader (bukan manager), bosan dan benci dengan kondisi statis, punya banyak keinginan dan impian.

* Bad Boy, attractive, bukan criminal boy, banyak kejutan, mengerti kebutuhan orang lain dan bagaimana cara menyenangkan orang lain.

* Bad Boy, ekspresif, mudah mengatakan apa yang dipikirkan / dirasakannya. Mudah mengabaikan pendapat orang lain dan gelisah jika orang tidak sependapat dengan dirinya.
Selalu berniat mempengaruhi dan membuat orang lain setuju.

* Bad Boy, influential (berpengaruh sekali), melihat sesuatu yang lain, lebih besar, dari sisi yang berbeda dari yang dilihat orang lain. Ini yang membuat orang tertarik dan mau mengikutinya.
Keluhan membuat orang melihat hal hal yang ndgatif di masa depan.
Bisa, ayo kerjakan (walaupun tidak tau caranya) membuat orang menaruh harapan yang tinggi di masa depan.

* Kekuatan Bad Boy, bukan berasal dari dirinya sendiri, dari keahlian, kepandian dll, tapi dari harapan baik yang dimiliki orang lain terhadap dirinya sendiri.
Pemimpin punya tugas membangun harapan baik orang orang yang ada disekelilingnya.

* Bad Boy, is by birth, tidak pernah berhenti berusaha dan menjadi 'bad'.
Persiapan yang dilakukan bukan adalah persiapan untuk tidak gagal, namun persiapan bahwa kalau gagal ia bisa kembali (bounce back) lebih tinggi lagi.
Kegagalan, kejatuhan membuat kita 'diperhatikan' oleh atasan kita, inilah kesempatan untuk menjadi lebih dikenal.

* Bad Boy lebih tertarik untuk berhasil dari pada takut gagal. Ini bukan berarti tidak memperhitungkan resiko, namun ia berani mengambil resiko (risk taker).
Ketika sudah tidak mungkin Bad Boy akan berdoa : Tuhan sekarang tugas-Mu meneruskan apa yang tidak mungkin kulakukan.

* Bad Boy berpendapat : Tidak mungkin ? Itu karena yang mencoba bukan saya !!.
Ia melakukan yang tidak mungkin dilakukan oleh orang lain dengan melakukan yang sekarang mungkin dilakukan.



Step by Step how to be a Bad Boy :

* Melawan kekuatiran terhadap pandangan orang lain terhadap diri kita yang akan menghambat pertumbuhan kita. Kita terlalu memikirkan bagaimana nanti orang akan memandang diri kita.

* Manusia ada kencenderungan alamiah untuk berbakti. Ambil semangat ini dan arahkan kepada orang-orang yang akan memanfaatkan kita untuk menjadi lebih besar dan berbuat kebaikan.
Mengikuti dan mencontoh orang yang memiliki pribadi yang kuat dan jujur untuk mengarahkan diri menjadi lebih berguna.

* Gunakan 'kegelisahan' dan 'ketidak nyamanan' (yang memang di berikan oleh Tuhan) untuk membuat perubahan dan bergerak.



Definition :
Leader : Memberikan Arah, Semangat --> This is a Bad boy.
Manager : Memberikan Aturan, Kepatuhan.


Jargon-jargon dan kata mutiara untuk direnungkan :
* Salesman finger
* Orang yang paling memperhatikan kita adalah orang yang membenci kita.
* Reverse psychology
* Masalah adalah rahmat yang belum kita ketahui gunanya, begitu kita tau gunanya kita akan minta lagi dan lagi...
* Rencana adalah impian yang bertanggal.
* Cita cita yang tidak mungkin terwujud adalah undangan untuk Tuhan ikut campur tangan.
* Campur tangan Tuhan dimulai pada batas kemampuan terbaik kita.




======================

1 comment:

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..