Search This Blog

Monday, October 8, 2012

Trip Report : Pasir Putih, 6 Oct 2012

Normal trip ? almost similar but nothing is the same !
setiap kali kita mau sok merasa sudah sangat paham lokasi penyelaman, kita selalu akan diingatkan bahwa dalam penyelaman tidak pernah ada yang bisa diprediksi dengan pasti, dan tidak terkecuali hari ini... :).

Namun selalu, syukur, bahwa apa yang saya (kami) alami selalu menyenangkan dan mengagumkan, berkali kali datang ke PP tidak pernah bosan rasanya dengan kejutan kejutannya :).

Trip kali ini, ada 3 orang OW, satu diver sertifikasi basic diver ADS :), bang Dicky dari SPK (Santos Premium Creamer), masih sodara seperguruan :).
Akhirnya jadi juga diving bareng Aldi, yang anak kuliah ITS, 'negonya' jago... hahaha... tapi senang sekali akhirnya berhasil juga trip bareng anak ITS yang satu ini...
Udah dari sejak lama banget saling sms dan janjian latihan bareng, baru kali ini bisa dive bareng.
Kami berangkat dari Surabaya agak telat, jam 3:30, nyampe di PP jam 7:00 dan masih harus ngisi tabungnya si Aldi...
Mana pasang surut sekarang berubah lagi, jam 7 air sedang surut, jadi jam 3 jam 4 pagi itu puncak pasang, khan kagak mungkin dive jam segitu jadi memang agak sulit visibility pagi hari di PP sekarang-sekarang ini.
Never mind... show must go on...

Mau berangkat eh... ternyata perahunya pakai perahu layar, ya udah lah terlanjur pesen :p, itung2 jarang nyelem pakai perahu layar di PP. Rasanya duluuu... duluuu sekali waktu masih OW, saya pernah dive dengan perahu layar, ingat-ingat lupa...

Loading peralatan ke perahu, langsung kami berangkat ke Pro Dive point.
Masalah dengan perahu layar adalah kalau kita melawan arah angin, perahu harus jalan zig zag supaya bisa dapet angin, jadilah yang harusnya perjalanan dengan perahu seharusnya makan waktu 15-20 menitan, jadi 1 jam ! hihihihihi.. gak ada atapnya lagi. gosong lah muka awakkkk hahaha...
Ya sudah nasib kagak mungkin putih kalau gemar olah raga diving...

Ini situasi di kapal, pada merhatiin strobe saya, saya minta tolongin liatin strobe nyala apa kagak hahaha...
serius banget ekspresinya...

Phyllidiella pustulosa
Mitraliur... :D. 8 kg beneran... udah dicoba ke 6kg
tapi gak bisa turun ya udah 8kg lah... walaupun
manuver jadi sulit, tapi mending daripada gak bisa dive..

Yang ini ditemukan sama si Aldy hehehe... thanks Di... ini barang langka...
Reticulidia fungia (Brunckhorst & Gosliner, 1993)

Dive 1, seperti biasa, sempet kalang kabut karena macem2 hal, weight kurang, buoyancy susah ketemu, ekualisasi gak berhasil, saya sendiri strobe sempet ngadat.. hehehe... alhasil 10 menit pertama kita sibuk sendiri gak langsung side seeing :).

Dive 2 malah rada kacau lagi, gara2 surut, sulit sekali mendapatkan perahu motor yang sudah 'turun ke air'. Tukang perahu sempet sewa 'motor tempel' dan dipasang ke perahu, walhasil motornya bobrok kualitasnya, mati-mati mulu... akhirnya dive 2 kita gak jadi pake perahu, ngayuh pake kaki ke Pyramid hahaha...

Gara-gara Aldy nengokin 'anak-anak' nya si karang transplant, kita jadi kepisah dan dia gak berhasil nemuin kita. Walhasil Aldy balik pantai, gak jadi ikut dive 2 :(.

Mbak Mamiek, santai banget... hehehe....
Si Dicky, sangat tenang buat itungan 2 Log :).

Schooling fishes... sirip kuning, sergeant fish, Trigger fish...
Banyak ikan berukuran cukup besar disekitar Pyramid ini...

Phyllidia ocellata

Phyllidia varicosa
Phyllidia Coelestis

Makan siang, beli ikan dari penduduk, dimasakin di salah satu warung disitu, ati2 warung2 ada yang sembarangan kasih harga, jadi tanya dan nego dulu harganya sebelum makan :).

Dive 3 sekitar jam 15:00 kita naik kapal motor ke Batu Lawang.
Setelah agak lama saya gak ke Batu Lawang, ternyata jam 3 sore waktu sekarang ini saat yang tepat untuk dive, sudah pasang dan arus sudah mati. Visibility di Batu Lawang bisa 10-15m, cukup baik untuk standard Pasir Putih...

Aldi berpose dengan Dendronephthya sp soft coral :). Very happy face... :))).

Aldy n Carpet Anemone
Clown anemonefish
Amphiprion ocellaris

Aldy dan Common lionfish, Pterois volitans

Common Lionfish, Pterois volitans

Clown anemonefish, Amphiprion ocellaris

Di anemone yang sama ada Threespot dascyllus, Dascyllus trimaculatus

Ketemu satu Chromodoris reticulata (Quoy & Gaimard, 1832). Yang satu ini ada 'tentacle' putih yang lucu
di bagian samping depannya :). Ternyata kulit nudi yang satu ini  'spikee' ya...

Phyllidiella rudmani
Hermit Crab, Calcinus gaimardii

Hermit Crab, Calcinus gaimardii

Satu lagi Chromodoris reticulata
Quoy & Gaimard, 1832) berukuran 10-12cm.

Dan masih ketemu satu lagi yang lain :) Chromodoris reticulata atau Goniobranchus tinctorius ?

Satu bubble anemone yang menarik, saya gak tau namanya.... :).
Perhatikan tentacle anemone ada di dalam bubble..

Gile juga, 3 dives dari jam 7 dan baru berakhir di jam 17:30... kami menginap di Pasir putih, supaya besok bisa melanjutkan ke Baluran (Pantai Bama), walaupun badan cape tapi masih kuat melek sampai jam 10 malem hahaha... sempet liat Manchester City sebentar segala hahaha...
Tidur sangat nyenyak dan nyaman sekali.... :D.

One of the Bed Corner....