Search This Blog

Friday, April 5, 2013

The "Eco Kick"

Ada satu artikel dari Scubaboard.com yang menggelitik untuk menulis... yakni tentang Eco Kick...

Tidak lain tidak bukan... yang disebut dengan Eco Kick sebenarnya adalah Frog Kick.. !
Mengejutkan karena sekarang frog kick sudah punya 'nama komersial', saya yakin sebentar lagi akan menjamur dan menjadi standard dalam pengajaran Open Water... :).

Tidak mengejutkan karena setelah mempelajari teknik kicking ini memang saya langsung kesengsem untuk menggunakan nya dibandingkan flutter kick biasa...

Bagi teman2 yang ingin mempelajari Frog Kick, silahkan googling, cari di youtube atau bisa memanfaatkan beberapa artikel dibawah ini :

Teknik Frog Kick (bahasa Belanda, gunakan terjemahan dari google)

Video Frog Kick dari Youtube :



Mengapa Frog Kick bisa diberi nama komersial menjadi Eco Kick ?
Well, sangat bisa dipahami, bahwa frog kick membutuhkan kaki kita berada diatas badan kita, sedangkan flutter kick bisa membuat kaki kita berada di bawah badan kita.
Anda yang sudah mempraktekkan frog kick tentu bisa merasakan bahwa lebih sering untuk menyentuh dan merusak coral dengan flutter kick dibandingkan frog kick, terutama coral yang berada di bawah tubuh kita.

Dalam environment yang sempit dan terbatas, kita bisa memodifikasi frog kick menjadi tinggal setengah stroke, satu kaki saja, atau bahkan hanya dengan pergelangan kaki...  dengan begitu semakin kecil resiko kita merusak karang.


Untuk environment berpasir, seperti yang sudah pernah saya tulis disini, frog kick membuat pasir tidak mudah terburai ke atas... dengan demikian tidak sampai mengganggu atau membunuh ekosistem (kebanyakan hewan hewan kecil) yang hidup diatas atau sedikit dibawah permukaan pasir. Tidak membuat telur2 yang menempel di coral / tanaman tercerai berai.

Flutter kick diatas pasir ? wow... sudah dapat dipastikan pasir akan berhamburan... selain memperburuk visibility (jarak pandang) juga berpotensi merusak, meinimal mengganggu ekosistem pasir.





Anda sudah bisa mengeri sekarang mengapa Frog Kick sekarang menyandang nama Eco Kick ? :D.
Saya berikan beberapa alasan lain mengapa sebaiknya anda memakai frog kick :
* Lebih relax : bila dilakukan dengan benar, frog kick lebih sedikit menghabiskan energi, lebih relax di pergelangan kaki, lutut dan pinggul.
Karena otot lebih relax, resiko kram lebih kecil, dan anda bisa menghemat konsumsi udara anda. Anda punya waktu lebih banyak untuk menyelam sebelum udara habis.

* Lebih stabil : ketika melakukan frog kick, kita menggerakkan kedua kaki kita secara bersamaan ke tengah, ini membuat tubuh lebih stabil, dibandingkan flutter kick yang cenderung membuat tubuh bergerak miring ke kiri dan ke kanan (akibat arah kayuhan yang berlawanan). Kestabilan frog kick membuat teknik ini lebih sering dipakai oleh para fotografer yang memang biasa bergerak lebih lamban, namun lebih membutuhkan kestabilan.

* Lebih efisien : air tidak ada yang terdorong ke atas / ke bawah, air terdepak ke belakang, sehingga efisiensi   (tenaga dorong (thrust) yang dihasilkan dibandingkan tenaga yang kita keluarkan, lebih baik). Sekali lagi diver menjadi tidak mudah capek. Dan karena air tidak ada yang terdorong ke bawah, tidak akan membuat pasir naik ke atas....

Bagaimana ? tertarik untuk mempelajari teknik Frog Kick ? :D.

Note : tidak semua fin cocok dengan teknik kayuhan ini, terutama split fin (scuba pro twin jet, jet max, Aqualung Caravelle, Apollo Bio Fin, Mares Raptor, Oceanic Vortex, IST F-10 Pegasus, Talaria, SeacSub Hyper-X, Dive Rite Fin dll) biasanya tidak memiliki efisiensi yang baik ketika digunakan dengan frog kick. :D.

.



2 comments:

  1. Flutter kick dan Frog kick
    Dua duanya perlu dan and plus minus....
    Guna frog kick seperti yang anda katakan diatas... tapi ada kekurangan... bila anda perlu kecepatan (misalnya mengikuti rombongan atau apapun) jangan gunakan frog kick karena frog kick lamban.... lalu bila ketika harus melawan arus, jangan coba coba gunakan frog kick... anda tidakakan jalan jalan :D SO menurut saya dua duanya ada kekurangan dan minusnya sebaiknya... dua duanya dipelajari dan digunakan pada saat yang tepat

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..